Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay Daerah Sorong Selatan (Sorsel), DPD KNPI Sorong Selatan, dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat membuka layanan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara gratis.

Ketua DAP wilayah III Domberay, Ronald Kondjol di Teminabuan, Rabu, mengatakan sudah menjadi tanggung jawab DAP dalam mengawal proses penerimaan ini, khususnya bagi pencari kerja Orang Asli Papua (OAP).

"Salah satu syarat administrasi yang harus dilengkapi oleh pencari kerja OAP adalah rekomendasi DAP, dan kami memberikan rekomendasi tersebut secara gratis, tanpa memungut biaya apapun, sebab itu sudah jadi hak pencari kerja OAP," katanya,

Sementara itu Caretaker Ketua DPD KNPI Wilson Snanfi menambahkan kolaborasi yang dilakukan ini juga merupakan bagian dari konsolidasi OKP menuju musyawarah daerah (Musda) III KNPI Sorsel.

"Ketika pemuda dapat bersatu, dan bersinergi dengan pemerintah, ini menjadi langkah positif yang dapat meningkatkan percepatan pembangunan di daerah. Stop bikin kubu kubu, mari bergandengan tangan, kita cerita sama sama, berdiri sama sama, kerja sama sama," kata Wilson.

Ketua Pemuda Katolik KOMCAB Sorong Selatan Alexander F. X. T. Kanath selaku koordinator layanan pendaftaran pencari kerja mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pencari kerja yang mengalami kesulitan dalam pembuatan akun, scan dokumen, mengunggah berkas, hingga cetak kartu.

"Banyak rekan rekan pencari kerja yang datang dari jauh dengan keterbatasan biaya. Sampai di Teminabuan, tarif untuk pembuatan akun, scan, yang ditawarkan oleh penyedia jasa pengetikan/rental berkisar antara Rp200.000 - Rp400.000," ujarnya.

Alexander menambahkan  periode pendaftaran bertepatan dengan cuti bersama hari Raya Idul Fitri sehingga semua kantor tutup, sehingga membuat pencari kerja kesulitan memperoleh informasi terkait pendaftaran.

"Sangat disayangkan jika pencari kerja harus gugur seleksi berkas hanya karena kesulitan biaya atau kurang informasi. Atas dasar itu, kami melakukan diskusi dengan rekan rekan OKP, Ketua DAP, dan Ketua KNPI, untuk bekerjasama dan membuka pusat layanan informasi dan bantuan tes CPNS formasi 2021," katanya menambahkan.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM, Kabupaten Sorsel, Petronela Krenakan, dalam arahannya kepada pencari kerja di halaman kantor BKPSDM menyampaikan terima kasih atas kolaborasi tersebut terutama dalam membantu Pemkab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, secara khusus pencari kerja OAP.

"Atas nama pemkab dalam hal ini BKPSDM selaku OPD teknis memberikan apresiasi atas langkah yang diambil oleh rekan-rekan pemuda ini. Kami menyampaikan terimakasih kepada Ketua DAP wilayah III Doberay, Ketua DPD KNPI, Ketua Pemuda Katolik, dan OKP lainnya yang turut memberikan sumbangsih pikiran, tenaga dan waktu. Ini sangat membantu kerja kerja pemerintah," kata Petronela.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024