Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Provinsi Papua Barat Daya terus mengoptimalkan pelayanan optimal kepada masyarakat di 15 distrik yang tersebar di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sorong Selatan Marthina Atanay di Teminabuan Rabu mengatakan, untuk mewujudkan hal itu Pemerintah Kabupaten Sorsel memberikan bantuan berupa satu unit mobil untuk memperlancar pelayanan kesehatan di Distrik Saifi yang membawahi sembilan kampung.

"Distrik Saifi ini memiliki, sembilan kampung dan selama kurang lebih dua tahun terakhir mengalami kendala dalam proses pelayanan kesehatan karena jalan menuju wilayah tersebut mengalami hambatan," kata Marthina.

Ia menjelaskan, Puskesmas Saifi memiliki satu orang dokter dan 37 tenaga kesehatan yang melayani masyarakat di wilayah tersebut.

"Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten karena telah memberikan bantuan satu unit mobil untuk melayani masyarakat di sembilan kampung, khususnya di Kampung Kayabo dan Kampung Sayal," katanya.

Selama kurang lebih dua tahun, pelayanan kesehatan di sembilan kampung tersebut masih mengalami kendala, karena jalan menuju dua kampung tersebut rusak berat.

"Ruas jalan dari Ibu Kota Distrik Saifi menuju dua kampung tersebut rusak cukup parah, sehingga pada saat pembangunan Puskesmas juga mengalami kendala," katanya.

Bupati Sorsel, kata Marthina lebih lanjut, telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan perbaikan secepatnya pada rusa jalan tersebut, sehingga pelayanan kesehatan tidak terganggu.

Selain itu juga, ada 14 Puskesmas di Sorsel tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan akreditasi.

"Terkait dengan sarana pendukung akreditasi, yaitu dokumen akreditasi dan sarana prasarana yang kurang harus dilengkapi sebelum penilaian yang dilakukan oleh tim penilai," kata Marthina.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024