Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada para korban banjir yang terjadi di Kampung Mansaburi, Distrik (kecamatan) Masni.

Plt Kepala Dinsos Manokwari Ferdy M Lalenoh di Manokwari, Selasa, mengatakan pihaknya menyalurkan bansos berupa 50 zak beras dan telur yang langsung diberikan pada warga dengan disaksikan aparat kampung setempat.

"Ada 56 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban banjir di Kampung Mansaburi. Tapi yang sampai sekarang masih menempati tenda pengungsian di balai desa sejumlah 23 kepala keluarga," katanya.

Ia mengatakan, sebagian warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing karena air sudah mulai surut di sebagian wilayah pada Kampung Mansaburi.

Ia menjelaskan, Pemkab Manokwari melalui Dinsos bertanggung jawab penuh terhadap seluruh warganya untuk memberikan pelayanan pasca bencana.

Menurutnya, bantuan pangan merupakan wujud kepedulian pemerintah agar dapat meringankan warga yang terdampak bencana.

"Pemberian bantuan ini juga sebagai tindak lanjut arahan dan petunjuk Bupati Manokwari dalam melakukan penanganan tanggap darurat pasca terjadinya bencana," ujarnya.

Alex salah satu warga yang terdampak menyatakan rasa terima kasihnya pada Pemkab Manokwari yang mau peduli terhadap warga di Kampung Mansaburi. Meski terletak cukup jauh dari kota namun Pemkab cepat tanggap memberi bantuan.

"Banjir terjadi beberapa hari lalu, terus terang kita di sini cukup kesusahan karena berada jauh dari kota. Untungnya pemerintah daerah melalui Dinsos bisa cepat tanggap mau membantu kami," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024