Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (PBD) mengoptimalkan operasional Pasar Mariat di Aimas, Sorong.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindakop) dan UMKM Kabupaten Sorong Marthen Pajala di Sorong, PBD, Senin, menjelaskan optimalisasi Pasar Mariat dilakukan secara bersama baik dari tingkat provinsi melalui dinas teknisnya dan juga OPD teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong.

Dari provinsi, sebut dia, akan membantu menyediakan satu bus angkutan untuk para pedagang "mama-mama" yang berjualan di Pasar Mariat itu.

"Jadi, kita akan dibantu provinsi dengan sebuah mobil angkutan yang beroperasi untuk antar jemput mama-mama Papua yang berjualan di Pasar Mariat," jelasnya.

Lewat bantuan itu, kata dia, tentunya selain membantu mengurangi beban masyarakat pada ongkos transportasi pedagang tetapi juga sebagai upaya untuk mengoptimalkan pasar tersebut.

"Karena selama ini para pedagang harus mengeluarkan biaya transportasi untuk datang berjualan di pasar ini, akibatnya berdampak pada harga pasar semakin meningkat," bebernya.

Dia yakin dengan adanya mobil angkutan antar jemput itu nantinya berimbas kepada harga jualan di Pasar Mariat akan semakin menurun dan sekaligus meningkatkan aktivitas pasar.

Sementara itu, upaya konkret dari Pemerintah Kabupaten Sorong untuk mendukung optimalisasi Pasar Mariat, menurut Pajala, pihaknya telah melakukan banyak kegiatan di antaranya pembinaan terhadap para pedagang, memberikan subsidi harga kepada para pedagang ketika ada kegiatan pasar murah, dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM dengan menggelar kegiatan pasar Ramadhan di pasar itu.

"Waktu pasar murah, selain memberikan harga subsidi kepada para pembeli, tetapi juga harga subsidi kepada para pedagang di Pasar Mariat, itu tujuannya supaya mereka berdaya," katanya.

Pemerintah Kabupaten Sorong, sebut dia, akan terus berupaya untuk melakukan optimalisasi pasar itu lebih maksimal. Sebab, kata dia, Pasar Mariat ini sangat strategis untuk kemudian berubah menjadi pasar sentral di Kabupaten Sorong.

"Kita juga sedang melakukan pendekatan dengan para pedagang di pasar yang ada di beberapa titik untuk nantinya pindah dan melakukan aktivitas jual-beli di Pasar Mariat," ungkapnya.

Dia yakin bahwa ketika seluruh aktivitas pasar terpusat di Pasar Mariat, tentunya akan menjadi nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan sekaligus menunjang pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sorong.

Kemudian, lanjutnya, perhatian dan bantuan pemerintah kepada para pedagang pun lebih terarah dan optimal.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024