Penjabat Bupati Sorong Edison Siagian meminta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkab setempat segera mempercepat penerapan anggaran 2024 sesuai dengan program yang telah disusun.

"Komentar saya supaya OPD cepat-cepat menerapkan anggaran, itu saja, untuk apa lama-lama, karena sudah April ini," kata dia di Sorong, Papua Barat Daya, Senin.

Ia mengatakan hal itu setelah menyerahkan daftar pelaksanaan anggaran (DPA) kepada masing-masing OPD di Aimas Convention Center (ACC), Kabupaten Sorong.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sorong senilai Rp1,5 triliun yang dibagikan langsung Pj Bupati Sorong, baik kepada seluruh OPD maupun kepala distrik di wilayah itu.

Dia mengatakan APBD 2024 Kabupaten Sorong sudah hampir pertengahan tahun, sedangkan penerapan anggaran masih ada waktu waktu delapan bulan.

Oleh karena itu, katanya, penting bagi setiap OPD sebagai pengguna anggaran segera bekerja sesuai program yang telah disiapkan supaya masyarakat merasakan manfaat dana itu.

"Kita cuma punya waktu delapan bulan, dan delapan bulan itu waktu yang tidak begitu lama sehingga saya minta setiap pengguna anggaran harus bergerak cepat dalam penerapan anggaran itu, supaya nanti di batas waktu anggaran kita sudah seluruhnya terserap dengan baik dan maksimal," ujarnya.

Dia berharap kepada OPD yang telah menerima DPA, langsung bertindak dan bekerja sejak anggaran diberikan.

Selain itu, kata dia, hal lain yang berhubungan dengan administrasi juga harus segera diselesaikan.

"Apalagi tambahan penghasilan pegawai (TPP) ASN harus segera diselesaikan. Kalau urusan seperti ini jangan diperlambat, harus cepat," ujarnya.

Dia mengatakan percepatan penerapan anggaran selain untuk mencapai target yang telah ditentukan juga mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sorong.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024