Penjabat (Pj) Wali Kota Sorong Septinus Lobat meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Sorong untuk menunjukkan semangat baru pasca-libur Idul Fitri 1445 Hijriah, melalui disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Sorong Septinus Lobat pada apel perdana pasca-libur Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman Kantor Wali Kota Sorong, Selasa.

"Masa liburan telah usai, maka saya minta kepada seluruh ASN untuk mengedepankan semangat baru, semangat Idul Fitri melalui sikap disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban," kata Pj Wali Kota Sorong Septinus.

Dia menjelaskan, disiplin yang dimaksud adalah rajin mengikuti pel rutin setiap Senin. Karena ada ribuan ASN di Pemerintah Kota Sorong, namun dalam apel hanya sedikit ASN terlihat menghadiri apel tersebut.

"Jangan sampai setiap barisan OPD itu kosong atau satu dua orang. Barisan harus terisi, karena itu bagian dari disiplin diri," ucapnya.

Sebab, sebagai ASN dibayar negara untuk disiplin melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai aparatur negara. "Saya orangnya tidak perlu tegas, namun dalam kerja jangan sampai santai. Jadi tolong perhatikan," ujarnya.

Setiap ASN, sebut dia, harus mampu memaknai pesan Idul Fitri itu lewat cara dan sikap yang tepat dan positif sebagai aparatur negara guna menunjang tugas dan tanggung jawab.

"Libur telah usai jadi tinggalkan kebiasaan-kebiasaan lama, mulai dengan semangat baru dengan disiplin yang tinggi, tuntaskan semua kerja untuk kebaikan pelayanan masyarakat Kota Sorong," pesan Pj Wali Kota Sorong.

Selain itu, Pj. Walikota Sorong juga menegaskan kepada Dinas Kebersihan bersama para kepala distrik dan kelurahan agar memperhatikan kebersihan lingkungan. Sebab, pemerintah akan memberikan bantuan kepada setiap kelurahan senilai Rp30 juta untuk kepentingan kebersihan di masing-masing tingkat distrik dan kelurahan di Kota Sorong.

Tak lupa juga Pj Wali Kota terus mengingatkan seluruh ASN supaya tidak terpengaruh dengan nuansa politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024, tetapi fokus pada tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada masing-masing ASN.

"Kita sebagai pemerintah hanya fokus untuk mendukung agar proses pelaksanaan Pilkada di Kota Sorong dapat berjalan aman tertib dan damai. Jangan terpengaruh dengan situasi politik yang ada, " tegas Pj. Walikota.

Pada apel perdana itu, Pj. Walikota Sorong juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh ASN Muslim yang telah merayakan hari raya kemenangannya dengan baik di Kota Sorong.

"Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan atas kebaikan dan penyertaan-Nya sehingga seluruh umat Muslim di Kota Sorong termasuk di dalamnya ASN Pemerintah Kota Sorong boleh melaksanakan ibadah hari suci kemenangannya dengan lancar," ucapnya.

Dia berharap dengan momentum Hari Raya Idul Fitri itu, ASN mendapatkan semangat baru untuk tetap tekun melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam rangka pelayanan kepada masyarakat di Kota Sorong.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024