Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, menganggarkan Rp700 juta untuk menyelenggarakan pasar murah di beberapa wilayah dalam rangka menjelang Idul Fitri 1445 H.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindakop) Sorsel, Yupiter Tugerfai, di Teminabuan, Minggu mengatakan anggaran Rp700 juta tersebut bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus).

"Anggaran tersebut nantinya kita menyiapkan 1.000 paket sembako untuk dibagikan pada Idul Fitri dan 1.000 paket nantinya untuk Hari Raya Natal," jelas Yupiter.

Ia mengatakan, tempat pelaksana pasar murah tersebut diantaranya, Distrik Teminabuan 500 paket, Distrik Moswaren 150 paket, Distrik Kokoda 150 paket, Distrik Inanwatan 150 paket dan Distrik Metemani 50 paket.

"Satu paket sembako sesuai harga pasar dijumlahkan senilai Rp 170.000 namun dijual di pasar murah satu paket seharga Rp 50.000," ungkap Yupiter.

Adapun isi dari paket sembako tersebut adalah beras 5 kilogram, gula 1 kilogram, minyak kita 1 liter, bawang merah dan putih 1 kilogram.

Sementara itu, Bupati Sorsel, Samsudin Anggiluli mengatakan tiga pemerintah menyelenggarakan pasar murah di setiap hari besar keagamaan dalam rangka menekan kenaikan harga di pasar.

"Kita melaksanakan pasar murah ini bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga barang di pasar," kata Samsudin.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024