Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya mengupayakan masyarakat setempat memiliki keterampilan melalui pelatihan dasar pengolahan pangan lokal dan perbengkelan.

Pelaksana Tugas Kepala Disnakertrans Sorong Selatan Cornelia Sahetapy di Teminabuan, Kamis, mengatakan pelatihan tersebut dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan upaya pemberdayaan masyarakat.

“Disnakertrans mempunyai tugas memberdayakan masyarakat, dalam melatih agar masyarakat mempunyai kompetensi dan bisa memenuhi kebutuhan mereka masing-masing," kata dia.

Disnakertrans setempat harus melihat dan memperbaharui kehidupan masyarakat supaya perekonomian mereka menjadi lebih baik.

"Melalui program tersebut, bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan produktivitas dalam memanfaatkan pangan lokal sebagai bahan dasar menciptakan produk yang dapat memberikan pemasukan guna memenuhi kebutuhan keluarga," kata dia.

Bidang Produktivitas Disnakertrans Sorong Selatan, kata dia, mempunyai tugas memberdayakan masyarakat di berbagai bidang, misalnya pembuatan keripik atau pelatihan listrik dan las.

Pihaknya memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, sedangkan tindak lanjut dalam menyediakan anggaran untuk modal usaha tertentu merupakan proporsi Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Sorong Selatan.

“Pelatihan-pelatihan ini demi kebutuhan kita untuk mengurangi pengangguran, kemiskinan itu Dinas Tenaga Kerja punya tugas. Kita sudah latih tapi yang selanjutnya itu dinas terkait punya tugas seperti perindagkop,” demikian Cornelia.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024