Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Wayer, Moswaren dan Kais Darat (Wamoka) Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya mendeklarasikan dukungan kepada Dance Nauw untuk maju menjadi calon bupati dalam kontestasi Pilkada di wilayah itu pada November mendatang.

Ketua LMA Wamoka Yohan Tigory di Teminabuan, Sabtu, menyebut lembaga adat menilai Dance Nauw memiliki pengalaman mumpuni selama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), dimana saat ini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorsel.

"Kita akan terus membangun koordinasi dan melakukan pertemuan secara rutin setelah melakukan deklarasi dukungan kepada Dance Nauw sebagai calon bupati Sorsel," kata Yohan.

Dia menyebutkan bahwa warga Maybrat yang bermukim di tiga distrik akan segera melakukan pertemuan untuk menyatukan pemahaman dalam mendukung Dance Nauw maju bertarung dalam Pilkada Sorsel.

"Tiga distrik yang akan menjadi titik fokus kami yaitu Moswaren, Wayer dan Kais Darat. Kami akan terus bekerja untuk memuluskan pencalonan dan memenangkan Dance Nauw dalam Pilkada 2024 di Sorsel," ujarnya.

Kepala Suku Besar Maybrat Yakob Kambu mengatakan sudah waktunya bagi warga Maybrat menjadi pemimpin di Sorsel.

"Kami memiliki alasan mengapa mendukung Dance Nauw, karena dia memiliki rekam jejak yang sangat baik selama memimpin birokrasi," kata Yakob.

Menurut dia, tidak ada sosok lain di lingkup warga Maybrat yang akan maju bertarung dalam Pilkada Sorsel, selain Dance Nauw.


Nyatakan siap

Menanggapi dukungan dari LMA Wamoka, Dance Nauw menyatakan siap untuk maju dalam Pilkada Sorsel tahun ini.

Bahkan Dance mengaku sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk bisa mengusungnya dalam ajang Pilkada Sorsel.

"Sudah ada komunikasi dengan sejumlah pimpinan parpol yang memiliki keterwakilan kursi di DPRD Sorsel mendatang," kata Dance Nauw.

Menurut dia, dukungan penuh dari warga Wamoka merupakan bentuk pergumulan panjang warga Maybrat yang bermukim di Sorsel.

"Setelah menerima deklarasi dukungan dari LMA, kami akan mempersiapkan tim untuk melakukan lobi-lobi dan komunikasi dengan para ketua parpol. Tim akan terus dibentuk untuk melakukan konsolidasi sampai ke tingkat akar rumput," kata Dance Nauw.

Sejauh ini Dance mengaku belum menentukan kandidat yang akan mendampinginya sebagai calon wakil bupati Sorsel.

"Itu nanti tim akan bekerja untuk memetahkan semuanya. Semua aspek akan dipertimbangkan dalam menentukan sosok yang akan mendampingi kami maju dalam Pilkada Sorsel," jelasnya.

 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024