Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua akan menjadikan kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) Kabupaten Biak Numfor, Papua bakal menjadi agenda tetap pariwisata tahunan pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

"Tahun 2024 STC Biak sudah dijadwalkan digelar pada November," ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun di Biak, Kamis.

Ia mengatakan, berbagai kegiatan atraksi adat apen beyeren, pentas hiburan dan seni budaya, kuliner, perikanan, panggung hiburan, pameran UMKM dan ekonomi kreatif akan mengisi STC Biak 2024.

Diakuinya, dari pengalaman STC 2023 yang menggelar berbagai kegiatan seni budaya daerah telah mampu mendatangkan wisatawan mancanegara dan Nusantara mencapai 6.500 orang.

Dampak pelaksanaan STC Biak bagi daerah, lanjut dia, memberikan manfaat ekonomi bagi keluarga OAP dan pelaku usaha mikro kecil menengah.

Bahkan STC Biak 2023, lanjut Onny, juga telah memberikan manfaat masuknya perusahaan ke daerah melalui kehadiran investor perikanan.

"Perputaran uang selama STC Biak 2023 bergulir mencapai Rp60 miliar hingga Rp70 miliar lebih,katanya.

Ia berharap, untuk STC 2024 diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi dan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor dan Tanah Papua umumnya.

Pada 2024 selain STC Biak 2024 pihak Dispar juga menggelar Yacth Internasional di Biak Numfor untuk mengangkat potensi kemaritiman, pariwisata dan pesta budaya adat suku Biak.

Hingga Kamis (21/3) lokasi Sail Teluk Cenderawasih Biak di pantai Samau Distrik Biak Kota tampak terlihat sejumlah warga mengunjungi tempat perhelatan pariwisata Biak Numfor.
 

Pewarta: Muhsidin

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024