Bupati Kaimana, Papua Barat, Freddy Thie mengajak seluruh tenaga kesehatan (nakes) di wilayah itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama pasien yang menjalani perawatan.

"Saya mengajak semua keluarga besar dinas kesehatan, termasuk di dalamnya Puskesmas Kaimana untuk tidak henti-hentinya berpacu memberikan pelayanan demi peningkatan kualitas hidup masyarakat," kata Freddy Thie pada meresmikan pengoperasian ruang bersalin 'Delima' pada UPTD Puskesmas Kaimana, Selasa.

Ia mengatakan perhatian Pemkab setempat terhadap bidang kesehatan semakin besar, dimana setiap tahun anggaran yang digelontorkan untuk bidang kesehatan terus meningkat.

Alokasi anggaran yang semakin besar untuk bidang kesehatan harus berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik.

"Pemanfaatan anggaran harus benar-benar tepat sasaran sehingga masyarakat juga merasakan sentuhan pelayanan kesehatan yang prima dari para pelayan baik perawat maupun bidan," ujarnya.

Pada 2023 Puskesmas Kaimana sudah mendapatkan akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan sehingga menjadi contoh bagi puskesmas yang lain dalam hal pelayanan yang santun, ramah, penuh kasih sayang dan memberikan sentuhan manusiawi kepada para pasien yang datang berobat.

Kepala UPTD Puskesmas Kaimana drg Julita Adelfina menyebut ruang persalinan yang baru diresmikan diberi nama 'Delima' karena memiliki filosofi berkelimpahan, kesuburan dan keabadian.

"Berkelimpahan kasih sayang terhadap ibu dan bayi, kesuburan bagi para ibu yang senantiasa mengharapkan kehadiran buah hati, serta keabadian dalam upaya untuk secara terus-menerus memperbaiki pelayanan demi peningkatan kesehatan ibu dan bayi," jelasnya.

Julita berharap para bidan dapat memberikan pelayanan berkualitas berlandaskan kasih sayang, sopan santun, ramah tamah, serta terjangkau dengan tindakan kebidanan yang sesuai standar dan kode etik profesi.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Kaimana dan Dinas Kesehatan setempat dalam kegiatan renovasi rumah bersalin Puskesmas Kaimana.
Bupati Kaimana Freddy Thie saat meresmikan ruang bersalin 'Delima' UPTD Puskesmas Kaimana. (ANTARA/HO-Isabela Wisang)


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Kaimana meminta dukungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat guna terwujudnya inovasi pelayanan berkaitan dengan kepengurusan akte kelahiran.

"Demi meningkatkan capaian kunjungan Nifas (ibu hamil), kami akan membantu dalam pengurusan akte kelahiran. Saat kunjungan Nifas kedua, kami sudah menerima nama bayi, sehingga pada kunjungan nifas ketiga, akte kelahiran sudah dapat kami berikan, tentunya semua persyaratan dalam pengurusan akte kelahiran sudah terpenuhi," ujarnya.

Peresmian ruang bersalin 'Delima' pada UPTD Puskesmas Kaimana juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kaimana, Kepala Dinas Kesehatan Kaimana Arifin Sirfefa, Direktur RSUD Kaimana dr Vinsensia Thie, serta sejumlah tokoh masyarakat.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024