Bupati Kaimana, Provinsi Papua Barat, Freddy Thie memberikan apresiasi kepada seluruh warganya karena pemilihan umum (pemilu) 2024 di daerah tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

"Suksesnya pesta demokrasi yang berjalan aman dan lancar tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat di Kaimana," kata Freddy di Kaimana, Senin.

Ia mengatakan seluruh masyarakat di Kaimana telah bersama-sama menciptakan situasi tertib selama pemilu mulai dari proses pencoblosan hingga perhitungan suara, sehingga Kabupaten Kaimana terhindar dari potensi kerawanan kamtibmas.

Ia berharap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kaimana dapat terus terjaga hingga berakhirnya tahapan penghitungan suara dan KPU mengumumkan para pemenang pemilu 2024.

"Saya selaku kepala daerah menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kaimana yang telah berpartisipasi dalam pemilu tanggal 14 Februari 2024 hingga saat ini. Sudah tentu kita semua, baik partai politik maupun masyarakat masih menunggu hasil pleno penghitungan suara secara berjenjang mulai dari distrik dan juga kabupaten,” ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya sudah mendapat informasi jika penghitungan suara di beberapa distrik (kecamatan) sudah selesai, di antaranya Distrik Arguni Bawah, Distrik Buruway, Distrik Etna dan Distrik Yamor, tersisa Distrik Kaimana, Distrik Kambrauw dan Distrik Arguni Atas.

"Mudah-mudahan hari ini semua distrik di luar Kaimana bisa selesai, sehingga bisa dilanjutkan pada pleno kabupaten. Intinya, baik caleg maupun partai politik sudah memberikan yang terbaik dalam pesta demokrasi. Sebagai warga negara yang baik apa pun hasilnya kita harus siap menerima,” ujarnya.

Berdasarkan keputusan KPU setempat, jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Kaimana sebanyak 43.521 orang, terdiri atas 21.994 laki-laki dan 21.527 perempuan. Sedangkan jumlah TPS untuk pemilu 2024 berjumlah 217 TPS yang tersebar di tujuh distrik dan 86 kampung (desa) dan kelurahan.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024