Lima panitia pemilihan distrik (PPD) di Kabupaten Manokwari, yaitu PPD Sidey, PPD Masni, PPD Tanah Rubuh, PPD Manokwari Selatan dan PPD Manokwari Barat, dipastikan melakukan pleno rekapitulasi surat suara mulai hari ini.

Kepastian pleno tersebut dimonitor langsung Bupati Manokwari, Hermus Indou bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) melalui video conference di Manokwari, Sabtu.

"Bagi PPD yang melakukan pleno hari ini diharapkan bisa memberikan jaminan rekapitulasi surat suara dilakukan dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, seluruh PPD harus menjaga integritas dengan mengawal perolehan suara dari TPS hingga pleno KPU tingkat kabupaten.

Menurutnya, surat suara dari TPS harus tetap sama hingga ditetapkan KPU Manokwari, sehingga hasil rekapitulasi tersebut bisa memuaskan masyarakat maupun kontestan pemilu. Dengan begitu, yang kalah bisa mengakui kekalahan dan yang menang juga puas karena menang dengan usaha sendiri.

"Pastikan tidak ada pergeseran atau perubahan suara karena intimidasi atau rekayasa dari orang yang berkepentingan. Dijaga agar jangan ada intervensi atau pengaruh dari orang lain yang masuk. Inilah godaan yang paling tinggi untuk PPD," katanya.

Ia berharap, seluruh anggota PPD dapat menjaga situasi dan kondusivitas daerah di wilayah masing-masing dengan berkoordinasi aparat keamanan TNI-Polri.

Ketua PPD Manokwari Barat, Rosa Dionisya Songbes mengungkapkan, sebagai distrik dengan jumlah TPS terbanyak di Manokwari yaitu 323 TPS, pleno akan memakan waktu cukup lama. Pihaknya berencana membuat rekapitulasi dengan pararel untuk mempercepat waktu.

PPD Manokwari Barat juga telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Manokwari untuk menyediakan petugas medis di sekitar lokasi pleno.

Sedangkan Ketua PPD Manokwari Selatan, Barry Bryan Parera menjelaskan, seluruh kotak suara dari 82 TPS sudah berada di ruang pleno untuk rekapitulasi suara. Pihaknya akan melakukan rekapitulasi suara selama tujuh hari, hingga Jumat.

"Hari ini dan besok kita berencana rekapitulasi 30 TPS dari 16 kampung. Selanjutnya Senin dan Selasa kita rekapitulasi untuk 20 TPS dari Kelurahan Anday. Lalu Kelurahan Sowi, berjumlah 36 TPS kita rekapitulasi tiga hari, dari Rabu hingga Jumat," katanya.

Tiga PPD lainnya yang melakukan rekapitulasi merupakan distrik jauh dari kota. PPD Sidey memiliki 25 TPS, PPD Masni memiliki 59 TPS, PPD Tanah Rubuh memiliki 25 TPS.

Sedangkan PPD yang belum bisa melakukan pleno rekapitulasi hari ini adalah PPD Manokwari Utara, PPD Prafi, PPD Manokwari Timur, dan PPD Warmare.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024