Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan masyarakat tujuh kabupaten di provinsi tersebut sangat antusias menyalurkan hak pilih saat pemungutan suara pemilu pada 14 Februari 2024.

Hal itu tercermin dari tingkat partisipasi pemilih yang melakukan pencoblosan surat suara pemilu lebih kurang 80 persen setiap tempat pemungutan suara.

"Kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu," kata Ali Baham di Manokwari, Rabu.

Menurut dia edukasi dan sosialisasi yang diselenggarakan secara masif sebelum pelaksanaan pemilu, berdampak positif terhadap peningkatan partisipasi masyarakat saat hari pencoblosan.

Selain itu, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjadi faktor pendukung kelancaran penyelenggaraan pesta demokrasi di seluruh Papua Barat.

"Melihat antusias masyarakat, mudah-mudahan target partisipasi bisa lebih dari 80 persen," ujar Ali Baham.

Gubernur mengapresiasi TNI-Polri, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat yang berupaya maksimal menjaga stabilitas keamanan sehingga pemilu terlaksana sesuai ekspektasi. 

Pemerintah provinsi terus melakukan pemantauan terhadap hasil penghitungan suara melalui Desk Pemilu 2024 yang dipusatkan di Kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat.

"Kami terus memonitor hasil penghitungan suara. Saya baru tiba dari Fakfak setelah mencoblos," ujar Ali Baham.

Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal Ilyas Alamsyah menjelaskan bahwa situasi kamtibmas dari tujuh kabupaten terpantau aman terkendali berkat sinergisitas seluruh komponen bangsa.

"Laporan dari wilayah, semuanya aman terkendali," ujar Pangdam.

TNI, kata dia, telah berkomitmen menyukseskan semua tahapan penyelenggaraan pemilu terutama proses distribusi logistik ke distrik terjauh dan terisolasi menggunakan helikopter.

Ketersediaan logistik pada setiap tempat pemungutan suara merupakan faktor penting guna mendukung penyaluran hak suara dari masyarakat pemilih yang tersebar di tujuh kabupaten.   

"Alhamdulillah semua logistik terpenuhi dengan baik meskipun sempat ada kekhawatiran karena cuaca yang tidak mendukung," ucap Pangdam.
Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere foto bersama dengan Forkopimda Papua Barat setelah melakukan pemantauan ke sejumlah TPS di Manokwari, Rabu. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)

Sebagai informasi, daftar pemilih tetap se-Papua Barat sebanyak 385.465 pemilih (196.570 laki-laki dan 188.895 perempuan) dengan 1.923 tempat pemungutan suara yang tersebar pada 86 distrik di tujuh kabupaten.

Tujuh kabupaten yang dimaksud yaitu Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, dan Fakfak.

Kebutuhan surat suara setiap jenis baik itu calon presiden-wakil presiden, calon DPD RI, calon DPR RI, calon DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten untuk tujuh daerah di Papua Barat mencapai 394.058 lembar termasuk dua persen surat suara cadangan.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024