Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Manokwari memberikan pelayanan kepada para calon siswa (casis) Bintara dan Tamtama yang mengikuti pendidikan di Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari, dr Dwi Sulistyono Yudo di Manokwari, Rabu, mengatakan pelayanan tersebut dinamai layanan BPJS Keliling yang mengusung konsep jemput bola.

"Layanan ini bertujuan untuk mempermudah akses peserta dalam mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan dan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," katanya.

Ia mengatakan, kehadiran BPJS Keliling di Polda Papua Barat merupakan bentuk komitmen dalam mendukung kesehatan para calon siswa Polda.

Ia menjelaskan, dengan pelayanan BPJS Keliling para calon siswa dikenalkan dengan aplikasi Mobile JKN, yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan ataupun layanan kesehatan lainnya.

Mereka diberi pelayanan mulai dari pendaftaran peserta, pemberian informasi mengenai program JKN, registrasi Mobile JKN, hingga skrining riwayat kesehatan.

"Kami ingin memastikan bahwa para calon siswa Polda Papua Barat memiliki akses yang mudah dan terjangkau terhadap layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Dengan adanya BPJS Keliling, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan BPJS Keliling peserta JKN dapat memperoleh layanan tanpa harus datang ke kantor. Hal ini menjadi solusi efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ikut serta program JKN.

"Saya sangat mengapresiasi kepada casis yang mengikuti di Polda Papua Barat, karena 90 persen casis telah melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN, sehingga nantinya dapat memanfaatkan layanan dengan berbasis digital melalui aplikasi Mobile JKN," ujarnya.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokes) Polda Papua Barat dr Iskandar, Sp B memberikan tanggapan positif atas sinergisitas BPJS Kesehatan dengan Polda Papua Barat.

Ia berharap BPJS Keliling terus dilakukan sehingga dapat memberdayakan manfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Semoga casis dapat menjalani pendidikan dengan lebih aman dan nyaman karena telah terlindungi melalui Program JKN,” ujarnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024