Kepolisian Resor Kaimana, Papua Barat, mengajak seluruh komponen masyarakat di wilayah itu untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan damai menjelang maupun saat pemungutan suara Pemilu 2024.

Kapolres Kaimana AKBP Gadung Kurniawan di Kaimana, Kamis, mengatakan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi pada tahun ini harus dalam suasana yang damai dan aman tanpa konflik.

"Mari sama-sama menjaga kamtibmas, laksanakan pemilihan umum dalam suasana damai. Silakan berbeda pilihan, berbeda pandangan, berbeda pendapat, tetapi tetap jaga persatuan dan persaudaraan," kata AKBP Gadung Kurniawan.

Jika ada permasalahan terkait dengan pemilu, kata Kapolres, segera berkoordinasi dan berkomunikasi dengan lembaga berwenang seperti KPU dan Bawaslu serta perangkat di bawahnya.

"Ingat jangan sampai perbedaan pilihan menimbulkan perpecahan. Apabila ada hal-hal atau permasalahan yang berkaitan dengan pemilu, silakan diskusikan dalam forum resmi dengan Bawaslu atau KPU," ujarnya.

Berdasarkan keputusan KPU setempat, jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Kaimana sebanyak 43.521 orang, terdiri atas 21.994 laki-laki dan 21.527 perempuan.

Warga Kaimana yang memenuhi syarat menjadi pemilih, kata dia, dapat menyalurkan hak pilihnya di 217 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 86 kampung (desa) dan kelurahan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kaimana Chandra Kirana mengatakan bahwa pergeseran logistik pemilu ke daerah terjauh seperti Distrik Arguni Atas dan Distrik Yamor pada H-5 sebelum pemungutan suara.

"Untuk Distrik Arguni Atas, Kampung Pigo, dan Erigara itu semuanya di atas gunung, lalu kondisi jalan ke sana terputus. Distrik Yamor, medannya berat semua. Ada satu kampung yang benar-benar terisolasi, yaitu Kampung Wosokuno," ujar Chandra.

Menurut dia, terdapat enam distrik (kecamatan) di Kaimana yang harus dijangkau dengan transportasi laut menggunakan kapal kayu, yakni Distrik Buruway, Distrik Arguni Atas, Distrik Arguni Bawah, Distrik Kambrauw, Distrik Teluk Etna, dan Distrik Yamor di bagian bawah.

Pergeseran logistik pemilu ke TPS di enam distrik yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi laut itu pada pada H-3 sebelum pemungutan suara, sedangkan pergeseran logistik ke TPS di Distrik Kaimana pada H-1.

Guna menyukseskan agenda Pemilu 2024, KPU Kabupaten Kaimana telah melantik sebanyak 1.519 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024