Tim satgas preventif Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku mengawal kedatangan surat suara Presiden - Wakil Presiden RI yang tiba di Bandara Pattimura Ambon untuk didistribusikan ke sembilan kabupaten kota di provinsi itu.

"Proses pengamanan dan pengawalan surat suara yang merupakan  pemenuhan kekurangan di  sembilan  kabupaten kota di Maluku berjalan aman dan lancar," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, di Ambon, Selasa. 

Logistik pemilu tersebut  tiba dengan maskapai Garuda Indonesia.

Ia menyebutkan, sembilan kabupaten/kota yang mengalami kekurangan tersebut yakni, Kabupaten Buru berjumlah 765 surat suara, Buru Selatan 127 surat suara, Kepulauan Tanimbar 1.212 surat suara, Maluku Tengah 452 surat suara, Maluku Tenggara 661 surat suara, Seram Bagian Barat (SBB) 251 surat suara, Seram Bagian Timur (SBT) 621 surat suara, Kota Ambon 136 surat suara dan Tual 205 surat suara.

Pengamanan logistik Pemilu  dilakukan mulai dari kargo bandara dan dibawa menggunakan mobil boks. Kemudian dikawal ke Kantor KPU Provinsi Maluku untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing daerah. 

“Kami berharap pendistribusian surat suara yang kurang ini dapat berjalan aman dan lancar hingga tiba di gudang penyimpanan KPU daerah tersebut," kata Roem.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku menemukan sebanyak 76.940 lembar surat suara pemilu yang rusak. 

Puluhan ribu surat suara rusak tersebut ditemukan dalam proses sortir dan lipat yang dilaksanakan KPU kabupaten/kota di Maluku sejak 30 Desember 2023 sampai dengan 10 Januari 2024. Tak hanya itu, ditemukan juga kelebihan lembar surat suara dan adanya kekurangan surat suara.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024