Bupati Manokwari Hermus Indou menyatakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) daerah itu bisa meningkatkan produktivitas untuk melayani masyarakat di daerah.

"Belajarlah memperbaiki kekurangan, sehingga PKK bisa jauh lebih baik dan lebih produktif ke depan untuk melayani masyarakat," kata Hermus di sela kegiatan lepas sambut tahun baru PKK Kabupaten Manokwari, Jumat.

Ia mengatakan program-program PKK Manokwari harus bermuara pada pelayanan, sehingga masyarakat harus mendapat manfaat dari keberadaan PKK.

Menurutnya, pencapaian PKK tahun 2023 sudah sangat baik membantu Pemkab Manokwari untuk pengembangan masyarakat. Semua keberhasilan PKK harus dipertahankan dan dijadikan pengalaman positif untuk penyusunan program tahun ini.

Sedangkan yang menjadi kekurangan tahun 2023, harus menjadi pembelajaran dan diperbaiki. PKK harus bisa terus meningkatkan kualitas pengelolaan organisasi agar lebih jauh produktif ke depan

"Pemkab Manokwari memberikan apresiasi kepada PKK Manokwari dan segenap pengurus yang telah menempatkan diri sebagai mitra strategi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pokok dan fungsinya untuk melayani seluruh masyarakat di Manokwari," ujarnya.

Ia mengatakan tahun lalu PKK berperan secara aktif membantu pemerintah daerah mengatasi beberapa masalah krusial yang dihadapi oleh masyarakat seperti penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Ia menjelaskan PKK telah membantu Pemkab Manokwari menurunkan secara signifikan angka prevalensi stunting di Kabupaten Manokwari. Dari 135 anak yang diintervensi saat ini bisa turun tinggal 30 anak.

"Tentu perlu ada kebijakan, aktivitas, program atau kegiatan dari PKK untuk menjawab masalah yang ada di lapangan, sehingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan tahun ini Pemkab Manokwari tetap berkomitmen memberikan dukungan kepada PKK setempat agar bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Meskipun diproyeksikan bantuan pemerintah akan menurun di tahun 2024, karena sebagian besar APBD Manokwari dikonsentrasikan untuk penanganan pemilu dan untuk menyukseskan program strategis nasional di Manokwari.

"Pemerintah daerah masih mengharapkan kontribusi dari PKK Manokwari untuk bekerja sama dan bermitra dalam membangun daerah. Karena seluruh tugas pelayanan pemerintahan dan pembangunan bermuara pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024