Para prajurit TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Yonif 125/Si’mbisa bersama masyarakat Papua Selatan melakukan pembersihan sungai guna mewujudnyatakan kemanunggalan TNI dengan rakyat setempat.

Pasiter Satgas Yonif 125/Si’mbisa Letda Inf Henry Gunawijaya Suherman dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan kegiatan program sungai bersih guna mencegah terjadinya banjir di musim penghujan.

“Melalui program tersebut juga diharapkan dapat menjaga ekosistem sungai mengingat di wilayah Papua Selatan ini kaya akan hasil lautnya,” katanya.

Menurut Henry, program ini memang melibatkan TNI dan masyarakat sehingga sama-sama dapat menjaga kebersihan laut.

“Pada kegiatan ini kami melibatkan seluruh jajaran pos yang tersebar di 16 Distrik dan tiga Kabupaten yakni Merauke, Mappi, dan Asmat sehingga program tersebut secara serentak dilaksanakan,” ujarnya.  

Dia menjelaskan sasaran kegiatan ini adalah pembersihan lingkungan di sungai, parit, dan bibir pantai dengan dilakukannya pembersihan secara serentak, diharapkan lingkungan sekitar wilayah penugasan menjadi bersih dan terhindar dari banjir.

“Tujuan kegiatan ini juga untuk meminimalisasi gangguan kesehatan serta menyadarkan masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan lingkungan terutama sungai,” katanya lagi.

Dia menambahkan gotong-royong membersihkan sungai ini merupakan salah satu kemanunggalan TNI bersama rakyat terus wajib jaga sehingga memberikan meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah kerja setempat.
 

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024