Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari menyatakan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Manokwari, Papua Barat terpantau aman dan landai.

Kepala Basarnas Manokwari, I Wayan Suyatna di Manokwari, Rabu mengatakan berdasarkan pemantauan Basarnas dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 tidak ada kejadian menonjol dilaporkan pada Basarnas.

“Tim Basarnas Manokwari khusus Natal dan tahun baru telah siaga sejak 18 Desember 2023 masih berlanjut sampai sekarang. Sampai saat ini memang tidak ada laporan yang sifatnya menonjol. Mudah-mudahan sampai akhir siaga tidak ada. Itu yang kami harapkan,” katanya.

Ia menjelaskan, Basarnas membagi personel untuk siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pada sejumlah posko yang sudah ditentukan, baik di Kabupaten Manokwari maupun di Kabupaten Teluk Wondama dan Teluk Bintuni.

Ia menyebutkan, Tim Siaga SAR khusus Natal dan tahun baru tersebar di beberapa tempat, seperti bandara, pelabuhan-pelabuhan, dan tempat-tempat pariwisata. Tim Siaga tersebut bertugas untuk mengantisipasi keselamatan penerbangan dan perairan.

"Pada posko di bandara kita mengantisipasi keamanan termasuk kecelakaan pesawat. Mana tahu ada yang kecelakaan atau keluar jalur. Mudah-mudahan tidak terjadi. Makanya, kami siapkan satu tim di bandara setiap harinya," jelasnya.

Sedangkan untuk pelabuhan, ia menjelaskan, Tim Siaga SAR juga memantau keluar masuk kapal maupun keluar masuk penumpang. Tim bersiaga juga melakukan evakuasi penumpang kapal yang sakit.

Sementara, di tempat-tempat wisata tim SAR fokus mencegah terjadinya kecelakaan yang membahayakan wisatawan.

Menurut dia tempat wisata rentan terjadi kecelakaan karena banyaknya pengunjung saat perayaan tahun baru.

"Kami antisipasi supaya masyarakat merasa aman dan terhindar dari kecelakaan-kecelakaan yang tidak kita inginkan. Kami juga sudah siapkan peralatan dan satu tim juga untuk antisipasi kecelakaan di jalan," katanya.

"Total ada 76 personel yang tersebar di pos-pos yang sudah ditentukan. Peralatannya juga sudah. Untuk penutupan Tim Siaga SAR khusus Natal dan tahun baru," ujarnya.

Suyatna menambahkan, perayaan malam Tahun Baru 1 Januari 2024 di Manokwari juga berjalan aman dan lancar. Tidak ada kasus menonjol yang dilaporkan atau diterima tim.

 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024