Kepolisian Resor (Polres) Teluk Wondama, Papua Barat mengerahkan dua pertiga dari kekuatan atau lebih kurang 250 personel Polri untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepolisian juga melibatkan unsur lain seperti TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama pada pelaksanaan Operasi Lilin Mansinam 2023.

“Kami libatkan dua pertiga kekuatan dari Polres sekitar 250-an personel. Setiap gereja kita amankan," kata Wakil Kepala Polres Teluk Wondama Komisaris Polisi Wilhelmus Tiwo di Wasior, Sabtu. 

Ia menjelaskan bahwa situasi kamtibmas secara keseluruhan di Kabupaten Teluk Wondama masih tetap kondusif seperti sediakala, meski demikian kepolisian perlu meningkatkan kewaspadaan guna mencegah gangguan yang bakal terjadi.

Kepolisian juga mengimbau seluruh elemen masyarakat turut berperan aktif menjaga kamtibmas agar perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terlaksana dengan aman, lancar dan tertib.

"Kalau tahun baru, kami siapkan seluruh personel. Kecuali yang kita siagakan di Polres adalah yang piket. Sisanya kita perkuat di lapangan dengan teman-teman TNI," tutur Wilhelmus.

Kepala Bagian Operasi Polres Teluk Wondama Ajun Komisaris Polisi Walman Simalango menerangkan, dalam Operasi Lilin Mansinam 2023 tersedia lima pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang tersebar pada sejumlah titik di Kota Wasior dan sekitarnya.

Kepolisian juga telah menggelar rapat lintas pemangku kepentingan guna memastikan kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM) dari PT Pertamina ke seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). 

"Sudah dilakukan rapat bersama untuk memastikan kesiapan pasokan BBM dan bahan pokok. Semua aman, dan khusus bahan pokok sampai sekarang tidak ada kenaikan harga," ucap Walman Simalango.

Perlu diketahui, pelaksanaan Operasi Lilin Mansinam 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru akan berlangsung selama 12 hari terhitung sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.
 

Pewarta: Zack Tonu Bala

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023