Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (BD) bantuan fasilitas berupa 300 tenda payung ukuran jumbo kepada pedagang mama-mama Papua sebagai bagian dari upaya perhatian pemerintah setempat.

Plt Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat Daya Suardi Thamal di Sorong, Minggu, menjelaskan bantuan ini merupakan kepedulian pemerintah untuk menjawab kebutuhan para pedagang yang selama ini berjualan tanpa didukung dengan fasilitas memadai dan layak.

"Seringkali mama-mama Papua ini berjualan tanpa tenda yang layak dan jualannya kena panas, sehingga pemerintah berinisiatif memberikan bantuan itu untuk melindungi mereka dari panas matahari," ucapnya. 

Bantuan tenda payung ini, lanjutnya, lebih diprioritaskan kepada mama-mama Papua yang ada di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

"Jadi nanti kami bagi kepada mama-mama Papua yang benar-benar belum mendapatkan bantuan tenda payung ini," ujar Suardi Thamal.

Menurut dia, supaya bantuan ini benar-benar tepat sasaran, maka akan dilakukan pendataan sehingga bantuan tersebut tersalurkan secara maksimal.

"Jadi kami akan mendata mana yang betul membutuhkan bantuan," kata Suardi Thamal.

Bantuan ini, kata dia, baru awal dan ke depan telah dipikirkan bagaimana mengembangkan pelaku usaha dengan intervensi anggaran yang memadai untuk mendukung usaha agar berkembang.

"Jadi kami juga telah memikirkan ke depan akan ada bantuan dana bagi pelaku usaha dengan anggaran yang cukup," kata Suardi Thamal.

Sambil menunggu realisasi penyaluran dana bantuan itu, pihaknya melakukan pendataan agar bantuan yang tersalurkan tepat sasaran.

Penyaluran bantuan tenda payung itu secara simbolis diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad dengan Plt Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian, dan Perdagangan, Papua Barat Daya Suardi Thamal kepada masyarakat saat momentum upacara HUT ke-I Provinsi Papua Barat Daya di Alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong, Sabtu.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023