Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua Barat menargetkan  meraih kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi setempat pada Pemilu Serentak 2024.

"Target DPR RI wajib satu kursi dan provinsi, target kami menjadi partai pemenang," kata Ketua DPD Demokrat Papua Barat Freddy Thie di Manokwari, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa target tersebut disesuaikan dengan kemampuan mesin partai yang akan bekerja secara maksimal guna memperoleh suara terbanyak.

Selain itu, Partai Demokrat telah terbukti meraih kursi Wakil Ketua III DPR Papua Barat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 dan pemilu sebelumnya.

"Demokrat sudah terbukti meraih kursi pimpinan, sehingga target kami tidak muluk-muluk," tegas Freddy.

Demokrat, kata dia, tidak hanya memasang target kursi DPRD level provinsi melainkan tujuh kabupaten di Papua Barat yaitu Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Pegunungan Arfak, Teluk Wondama, Kaimana dan Fakfak.

Tujuh ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Papua Barat telah menandatangani komitmen bersama untuk meraup suara terbanyak, sehingga dapat membentuk satu fraksi pada DPRD tingkat kabupaten.

"Dari paparan Ketua DPC tujuh kabupaten, semua punya optimisme bahwa harus satu fraksi dan unsur pimpinan," ucap Freddy.

Ia menuturkan Partai Demokrat sudah melaksanakan dua agenda penting selama dua hari (28-29 November 2023) dalam memenangkan kontestasi pemilu.

Agenda yang dimaksud adalah pembekalan saksi yang nantinya akan mengawal suara bagi para calon anggota legislatif dari Partai Demokrat dan rapat koordinasi daerah.

"Dengan adanya pembekalan saksi, maka suara bagi para caleg saat hari pemungutan suara tetap utuh sampai dengan rekapitulasi," tutur Freddy.

Ia memastikan bahwa semua kader Partai Demokrat mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten di Papua Barat bersikap tegak lurus.

Kekompakan dan soliditas partai menjadi kunci sukses memenangkan agenda Pemilu Serentak 2024 baik itu pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan pemilihan kepala daerah.

"Sudah tentu Demokrat punya kader terbaik yang siap bertarung. Demokrat yakin birukan Papua Barat," ucap Freddy Thie.
Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Freddy Thie saat konferensi pers di Manokwari, Rabu. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)

Deputi Badiklat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Panji Purboyo menekankan DPD maupun DPC di Papua Barat harus bekerja secara kolektif agar target dapat direalisasikan sesuai ekspektasi.

Selain itu, peningkatan kapasitas saksi dari Partai Demokrat menjadi hal yang sangat penting untuk menjamin suara bagi calon anggota legislatif.

"Tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Semua harus menyatu, dan saksi ini penting dalam mengawal suara caleg Demokrat," ucap Panji Purboyo.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023