Putri Citra Indonesia 2023 Ruri Chaterine mengaku antusias dan terkesima dengan objek-objek wisata dan budaya di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.

“Pariwisata di Manokwari luar biasa, keren banget. Saya mendapatkan pengalaman yang sangat hebat selama berada di sini,” kata Ruri di Manokwari, Minggu.

Ruri mengatakan selama perhelatan pemilihan Putri Citra Indonesia, dirinya dan seluruh peserta dari 21 provinsi diajak ke objek wisata Pasir Putih, Tongkonan (rumah adat Toraja) dan objek wisata budaya Rumah Kaki Seribu di Soribo, Manokwari.

"Objek wisata di Manokwari cukup beragam dan begitu indah. Sebagai Putri Citra Indonesia 2023, saya ingin kebudayaan dan pariwisata di Manokwari maupun di Indonesia secara umum bisa lebih dikenal, baik untuk dalam negeri hingga internasional," katanya.

Ketua Dekranasda Manokwari Febelina Indou, mengatakan objek-objek wisata di Manokwari begitu mendapat respon positif dari peserta Putri Citra Indonesia. Apalagi saat ini di Pantai Pasir Putih, para wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam pantai saja, tapi juga Pantai Pasir Putih telah memiliki fasilitas wahana wisata air yang lebih lengkap.

"Sejak bulan September kemarin, di Pantai Pasir Putih sudah miliki watersport. Di Papua wahana air tersebut baru pertama kalinya ada di Tanah Papua. Sehingga itu jadi ikon wisata yang luar biasa. Rencananya Pemkab Manokwari akan mengembangkan watersport di Pulau Mansinam, sehingga wisata di Manokwari juga tidak kalah dengan daerah lainnya," kata Ketua Panitia Pemilihan Putri Citra Indonesia 2023 ini.

Ia mengatakan para peserta Putri Citra juga takjub saat dibawa ke wisata budaya seperti Tongkonan dan Rumah Kaki Seribu. Apalagi Tongkonan atau rumah adat Toraja di Manokwari lebih besar dari Tongkonan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Rumah Kaki Seribu adalah rumah adat masyarakat asli di Manokwari. Dimana rumah-rumah tersebut memiliki banyak tiang penyangga di bawahnya, layaknya binatang kaki seribu. Hal itu merepresentasikan bahwa Kabupaten Manokwari ditopang dari banyak suku dan budaya sehingga mampu berdiri dengan kokoh," katanya.

Febelina mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan promosi ikon-ikon pariwisata di Kabupaten Manokwari. Menurutnya, pariwisata akan membawa perekonomian Kabupaten Manokwari menjadi lebih baik.

"Kami juga mengharapkan para finalis ini yang akan kembali ke daerah masing-masing dapat menceritakan tentang pariwisata, seni dan budaya di Manokwari," tukas Febelina.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023