TNI/Polri apel gelar pasukan dalam rangka memastikan kesiapan tergabung  dalam satuan tugas pengamanan kunjungan kerja istri Wakil Presiden RI Hj, Wury Ma'ruf Amin pada 11 Oktober 2023 di Kota Sorong.

Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan, S.Sos., M.Si memimpin apel gelar pasukan yang diikuti 700 personel di Lapangan Apel Makorem 181/PVT Jalan Pramuka No 1, Kelurahan Malamso, Distrik Malaimsimsa, Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Selasa.

Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan dalam amanatnya menjelaskan bahwa gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan satuan dalam rangka mendukung pengamanan kunjungan ibu Wakil Presiden RI di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

"Oleh karena itu, saya perintahkan kepada seluruh prajurit TNI-POLRI yang tergabung dari satgas PAM VVIP agar segera melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif," pinta Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras.

Koordinasikan secara terpadu dengan seluruh unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten di Papua Barat Daya perlu dilakukan sehingga tercipta sinergitas yang solid guna mengawal dan mengamankan kunjungan kerja Ibu Wakil Presiden RI di wilayah Papua Barat Daya khususnya di Kota Sorong berjalan secara aman, lancar dan terkendali.

"Tanggung jawab pengamanan di serahkan sepenuhnya kepada aparat di wilayah Papua Barat Daya," jelas Danrem.

Untuk itu, apel kesiapsiagaan operasi yang telah laksanakan ini sangat penting untuk mengecek dan meyakinkan kesiapan para personel, alutsista, kelengkapan sarana dan prasarana beserta seluruh unsur pendukungnya, sehingga sewaktu waktu dapat digerakkan dan mampu bereaksi dengan sigap dan cepat sesuai dengan perkembangan situasi.

“Jangan menganggap pengamanan ini hal yang biasa dilakukan sehingga bisa lengah tapi anggaplah pengamanan ini hal yang luar biasa sehingga kita selalu siap sedia," ungkap Danrem Juniras.

Oleh karena itu, lakukan koordinasi dengan baik dan terpadu sesama unsur satgas Pam VVIP, agar tercipta sinergitas yang solid dalam mengawal dan mengamankan kunjungan kerja ibu Wakil Presiden RI beserta rombongan di wilayah Papua Barat Daya.

“Saya berharap para Dansatgas, Dansubsatgas agar betul-betul meyakinkan bahwa setiap personel mengetahui tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, siapa berbuat apa, kapan, dimana dan bagaimana prosedurnya," beber dia.

Dia perintahkan prajurit untuk melaksanakan pengamanan pada empat titik kunjungan yaitu Bandara Deo Sorong, Kantor Dekranasda, Restoran Mambramo Seafood dan Aula Jitmau Sorong Pada acara peningkatan kompetensi UMKM Kriyat dan forum kemitraan investasi serta kesiapan pasukan cadangan dalam menyikapi perkembangan kegiatan di luar yang telah di rencanakan.

Sementara itu, Kapolresta Sorong Kombes Pol Happy Perdana Yudianto menjelaskan bentuk upaya dalam rangka mengamankan kunjungan istri Wakil Presiden RI, rekayasa arus lalu lintas pada sejumlah jalan yang akan dilalui Hj, Wury Ma'ruf Amin pada 11 Oktober 2023 di Kota Sorong.

Dia menyebutkan, penutupan Jl Basuki Rahmat dari putaran Melatih Raya sampai dengan putaran PLTD. Kemudian, jalur dari arah Mega Mall menuju Tl. Kilo meter 10 akan direkayasa menjadi dua arus yaitu jalur kanan dalam menuju Mega Mall dan jalur kiri luar menuju arah TL kilo meter 10.

Selain itu ada jalur alternatif menghindari kepadatan kendaraan yaitu kendaraan dari arah Kampung Baru belok kiri ke samping PLTD menuju Jl Alteri keluar di Jl Sungai Maruni kili meter 10 atau belok kiri ke TL. kilo meter 8 menuju Jl. Pendidikan.

"Kegiatan ini direncanakan akan berjalan selama satu jam dengan personel yang telah disiapkan," beber Kapolresta Sorong.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya telah melakukan rapat koordinasi bersama pimpinan kepala daerah guna membahas hal-hal sebagai kesiapan kunjungan Hj, Wury Ma'ruf Amin pada 11 Oktober 2023 di Kota Sorong.

"Kita sudah siap menyambut kedatangan Hj, Wury Ma'ruf Amin pada 11 Oktober 2023 di Kota Sorong," kata Pj Sekda Papua Barat Daya Edison Siagian.

Disebutkan bahwa kunjungan Hj, Wury Ma'ruf Amin pada 11 Oktober 2023 di Kota Sorong hanya berlangsung selama satu hari dengan agenda peresmian kantor Dekranasda Papua Barat Daya dan sekaligus menghadiri kegiatan peningkatan kompetensi UMKM di Aula Lambert Jitmau.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023