Bawaslu Kota Sorong, Provinsi Papua Barat menggelar bimbingan sumber daya manusia (SDM) pengawasan dan kesekretariatan bagi panwas di tingkat Distrik.

Bimbingan SDM yang berlangsung di Hotel Vega, Rabu dihadiri oleh seluruh panwas Distrik yang bertujuan guna sinergitas pengawas dan kesekretariatan demi keberhasilan dalam melakukan pengawasan pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Sorong, Elias Ijie mengatakan, sumber daya manusia suatu lembaga wajib diberi penguatan dan peningkatan kapasitas demi kemajuan dan pengembangan kelembagaan tersebut.

Dia mengatakan, kegiatan bimbingan ini guna memberikan pemahaman yang mendalam akan tugas-tugas panwas Distrik. Terutama bagaimana cara panwas Distrik bertugas memberikan pemahaman kepada pengawas TPS. 

Menurut dia, panwas TPS adalah ujung tombak dari keberhasilan pengawasan pemilu secara menyeluruh guna 
memastikan pemilu berjalan sesuai aturan.

Karena itu, kata dia, pengawas Distrik harus memahami secara utuh informasi selama kegiatan sehingga dapat transfer pengetahuan dan informasi tersebut kepada panwas TPS  maksimal.

Dikatakan, bimbingan ini pula peserta mendapat materi simulasi pencoblosan, tugas KPPS, tugas pengawas TPS, memastikan bagaimana surat suara yang sah dan tidak sah, dan bagaimana cara mengisi formulir C1 plano dan berita acara.

"Kemudian bagaimana cara tepat guna penanganan pelanggaran pada saat pemungutan dan perhitungan suara berlangsung," ujarnya.

Ia berharap materi tersebut dipahami dan dijalankan dalam menjalankan tugas pengawasan sehingga pemilu berjalan aman dan damai di Kota Sorong.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019