Komando Distrik Militer (Kodim) 1710/Mimika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar lomba Tari Seka dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI.

Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi dalam siaran pers di Timika, Selasa, mengatakan penyelenggaraan lomba Tari Seka juga sebagai upaya melestarikan budaya masyarakat Papua.

"Budaya di Indonesia sangat kaya, salah satunya ada di Papua," katanya. 

Menurut Dandim Dedy, kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Tenis dan Aula Darmawangsa Kodim 1710/Mimika yang dipimpin langsung oleh dirinya.

"Kegiatan ini digelar bersama dengan lomba bola voli yang sudah dilaksanakan lebih dulu dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI," ujarnya.

Dia menjelaskan lomba ini diramaikan oleh seluruh prajurit dan Persit Kodim 1710/Mimika, mempertandingkan 24 tim Tari Seka yang terdiri dari delapan tim prajurit, delapan tim persit dan delapan tim anak-anak. 

"Dewan juri kami ambil dari pakar dalam kesenian Tari Seka yakni Fransiskus Kapiyau dan Julens Waromi," katanya lagi.

Dia menambahkan pemenang kategori prajurit dimenangkan oleh Koramil 05 diikuti Makodim dan Koramil 03, sedangkan untuk kategori persit dimenangkan oleh Makodim, diikuti oleh Koramil 05 dan Koramil 07. 

"Untuk kategori anak-anak dimenangkan oleh Koramil 02 diikuti Makodim dan Koramil 07, kami meriahkan HUT TNI dengan balutan khas budaya Papua," ujarnya lagi.

Tari Seka merupakan salah satu tarian adat masyarakat di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Di mana tarian ini merupakan bentuk ekspresi masyarakat atas rasa syukur kepada Sang Pencipta.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023