Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli menyebutkan bahwa ada 37 kampung di Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat Daya masih belum menikmati listrik sebagaimana mestinya.
 
"Sampai saat ini listrik belum masuk sehingga 37 kampung di wilayah pesisir pantai masih menggunakan penerang ala kadarnya," jelas Bupati Sorong Selatan pada pertemuan dengan DPD RI di Provinsi Papua Barat Daya, Selasa.
 
Upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menjawab kondisi listrik di Distrik Konda adalah melakukan pendekatan dan koordinasi dengan pihak PLN supaya listrik di kampung itu segera terealisasi.
 
"Saya juga harap dengan kehadiran DPD RI tentu akan memberikan dukungan sehingga listrik di 37 kampung itu segera terealisasi," harap Bupati Anggiluli.
 
Sementara itu, General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono memastikan bahwa 37 kampung di Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat Daya akan segera diterangi listrik.
 
Karena, kata dia, di 2023 ini PLN mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp500 miliar untuk mengalirkan listrik ke 291 desa di wilayah Papua dan Papua Barat Daya.
 
"Soal itu kita pastikan akan segera menerangi 37 kampung di Sorong Selatan," jelas General Manager PLN Papua dan Papua Barat.
 
Dari 37 kampung, sebut dia, baru sembilan kampung yang telah menikmati listrik. Berkaitan dengan sisa kampung itu, PLN akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan sehingga bisa segera menikmati penerangan listrik.
 
"Jadi kita akan koordinasikan dengan pemerintah supaya segera listrik masuk ke wilayah itu," kata dia.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023