Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat tetap memprioritaskan sejumlah isu strategis pada 2024, diantaranya pengentasan masalah kemiskinan ekstrem dan penanggulangan stunting.

Bupati Manokwari Hermus Indou saat membuka kegiatan Musrenbang tahun 2024 di Manokwari, Senin, mengatakan kedua persoalan itu hanya bisa diatasi melalui pembangunan bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan,
 
"Hal yang menjadi prioritas yaitu peningkatan akses pendidikan, peningkatan akses kesehatan, ekonomi kerakyatan, pembebasan tanah untuk pembangunan," jelas Hermus.

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Manokwari tahun 2021-2026, disebutkan bahwa prioritas pembangunan pada tahun 2024 yaitu pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian daerah.

Sedangkan kemiskinan ekstrem dan penanggulangan stunting memiliki relevansi yang sangat kuat dengan pertumbuhan ekonomi. Karena itu, untuk penanganan butuh kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan agar dapat melakukan intervensi spesifik dan substantif.

"Ini kita kerjakan bersama-sama. Jadi target substantif dan sensitifnya bersama-sama, sehingga kalau hari ini kita selesaikan yang stunting agar tidak terulang lagi atau tidak berpotensi untuk muncul lagi di kemudian hari. Inilah yang perlu menjadi perhatian kita sama-sama," ujar orang nomor satu di Kabupaten Manokwari itu.

Menurut dia, perencanaan dalam Musrenbang menjadi hulu dari manajemen penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Untuk itu program prioritas pembangunan harus jadi fokus pembahasan forum Musrenbang. Nantinya hasil Musrenbang dituangkan dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Manokwari tahun 2024.
 
Bupati Manokwari Hermus Indou didampingi pimpinan DPRD dan Forkompinda berfoto bersama dengan seluruh peserta Musrenbang Kabupaten Manokwari, Senin. (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

Plt Kepala Bappeda Manokwari Oktovianus Kambu melaporkan kegiatan Musrenbang bertujuan agar OPD melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan klarifikasi usulan program kegiatan dengan prioritas pembangunan daerah tahun 2024. Musrenbang juga akan menyepakati program kegiatan sesuai dengan prioritas pembangunan daerah tahun 2024.

Musrenbang juga sebagai forum pembahasan lintas sektor untuk mempertajam sasaran berdasarkan prioritas pembangunan dalam rangka mematangkan rancangan RKPD tahun 2024. Selain itu, menjadi media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan daerah untuk menetapkan program kegiatan daerah serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan di tahun 2024.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023