Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat menerapkan Program Sekolah/Madrasah Sehat sebagai program percepatan pencegahan stunting.

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat Melkias Werinussa di Manokwari, Selasa, mengatakan pemprov menggandeng UNICEF dan mitranya Yayasan Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan Papua (YP2KP) untuk menjalankan program tersebut.

“Karenanya hari ini kita mengikuti orientasi fasilitator program gizi remaja atau aksi bergizi sebagai komponen pelaksanaan Sekolah/Madrasah Sehat di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari,” kata Melkias.

Melkias mengatakan penerapan Sekolah/Madrasah Sehat adalah bagian dari intervensi pencegahan anak stunting agar mampu mempersiapkan masa depan generasi muda menjadi lebih baik.

“Mengingat Provinsi Papua Barat adalah salah satu daerah yang sedang melakukan percepatan pencegahan anak kerdil atau stunting,” ujarnya.

Menurutnya, masalah gangguan gizi perlu ditanggulangi secara serius. Remaja dan anak yang berstatus kurang gizi  dan mengalami kekurangan zat gizi mikro seperti zat besi, sangat berisiko stunting dan berdampak pada kualitas kehidupan selanjutnya, termasuk kemakmuran suatu bangsa.

“Pencegahan stunting memerlukan intervensi gizi yang terpadu. Pengalaman global menunjukkan penyelenggaraan intervensi terpadu yang menyasar kelompok prioritas di lokasi prioritas merupakan kunci keberhasilan perbaikan gizi serta pencegahan stunting,” ujarnya.

Staf Gizi UNICEF Papua dan Papua Barat Dwi Kristanto menjelaskan gizi merupakan salah satu isu kesehatan prioritas pada anak usia sekolah dan remaja. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, lebih dari delapan persen remaja usia 13-18 tahun menderita kurus dan lebih dari 25 persen mengalami stunting.

“Untuk itu sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas dan memperluas layanan gizi remaja melalui Program Aksi Bergizi, maka orientasi fasilitator guru sekolah dalam penerapan Program Aksi Bergizi menjadi sangat penting,” katanya.

Dalam usaha memperbaiki masalah gizi remaja di Indonesia, kata dia, seluruh komponen dan strategi Program Aksi Bergizi disepakati untuk disertakan dan diperluas melalui Program Nasional Sekolah/Madrasah Sehat yang merupakan wujud konkrit dari Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M).

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023