Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua meminta Ikatan Keluarga Toraja (IKT) di daerah itu menjadi mitra dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah setempat untuk membangun Papua khususnya negeri berjuluk Port Numbay itu.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey saat membuka Musyawarah Daerah IV IKT di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya juga berharap agar warga Toraja di daerah itu senantiasa menjaga kerukunan guna menciptakan situasi tetap aman dan nyaman sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan itu yakni "Bersama Kita Kuat, Bersatu Dalam IKT membangun Persaudaraan Yang Rukun".

"Kami berpesan kepada IKT Kota Jayapura tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sebagai keluarga Toraja," katanya.

Menurut Pekey, pihaknya meminta kepada pengutus IKT Kota Jayapura yang akan terpilih dalam Musda IV 2023 menjadi mitra kerja karena Pemkot Jayapura membutuhkan dukungan, partisipasi dan kerja sama paguyuban dalam pembangunan ke depan lebih baik.

"Jayapura merupakan kota yang heterogen sehingga untuk mewujudkan kota yang aman dan damai membutuhkan kolaborasi semua pihak,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Musda IV IKT Kota Jayapura Jeri Somalinggi mengatakan pelaksanaan musda untuk menyusun program kerja yang menjadi acuan bagi pengurus IKT Kota Jayapura periode 2023-2028.

Menurut Somalinggi, peserta musda berasal dari 12 wilayah IKT di Kota Jayapura yang tersebar di lima distrik di Kota Jayapura di mana ada sebanyak 73 kerukunan.

"Sementara jumlah warga Toraja di Kota Jayapura sekitar 12 ribu lebih sehingga kami berharap kepengurusan IKT yang baru bisa sinergi dengan pemerintah daerah setempat," katanya.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023