Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso pada Jumat mengukuhkan 273 kepala sekolah serta pengawas sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Dalam acara pengukuhan yang berlangsung di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, dia menyampaikan bahwa acara pengukuhan merupakan bagian dari penerimaan resmi kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK tersebut setelah peralihan tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi Papua Barat ke pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat Daya.

"Pengukuhan ini menunjukkan status kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK yang di bawah kewenangan provinsi induk sudah sah berada di Kabupaten Sorong," kata Yan Piet Mosso.

Dia menyampaikan bahwa selanjutnya Pemerintah Kabupaten Sorong yang bertanggung jawab memenuhi hak para kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK yang telah dikukuhkan.

"Yang menjadi fokus saat ini adalah bagaimana para guru SMA/SMK ini menjalankan tugas sebagaimana mestinya demi peningkatan mutu pendidikan, soal pemenuhan hak sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sorong," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Reinhard Simamora berharap para guru, kepala sekolah, dan pengawas SMA/SMK tidak lagi terbebani masalah pemenuhan hak dan bisa fokus menjalankan tugas menyelenggarakan pembelajaran di sekolah.

"Ini status sudah jelas, maka setiap kepala sekolah mengakomodasi seluruh guru untuk mengajar sebagaimana mestinya," kata dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023