Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta ke panitia Sail Teluk Cenderawasih (STC) agar mempersiapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kopi sehingga komoditas unggulan tersebut bisa lebih terkenal.

“Kami tadi sudah sampaikan ke panitia kalau bisa nanti disiapkan UMKM terutama kopi pada kegiatan STC karena itu waktu kegiatan cukup panjang,” katanya di Jayapura, Kamis.

Menurut Ridwan, pada kegiatan STC pengunjung yang datang dari berbagai negara, sehingga bisa melihat, mencoba dan membeli dalam jumlah yang banyak.

“Cita rasa kopi Papua tidak kalah saing dengan kopi-kopi lainnya sehingga memiliki ciri khas tersendiri ketika orang meminumnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan kini kesiapan sedang diupayakan, di mana ada beberapa kegiatan sebelum menuju ke STC. Kegiatan tersebut dilalukan pada empat kabupaten penyelenggara, di Kabupaten Sarmi, Kepulauan Yapen, Waropen, Supiori, Biak.

“Semua persiapan sudah matang dan teman-teman dari Kementerian pariwisata juga ikut memantau persiapan sejauh mana persiapan. Sehingga tim kolaborasi yang terdiri dari Kementerian, provinsi Papua dan kabupaten sekitar teluk Cenderawasih,” katanya.

Menurut Ridwan, untuk itu tim atau panitia tersebut pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi agar bisa menjual produk-produk lokal pada pelaksanaan tersebut.

“Sail Teluk Cenderawasih (STC)-2023 yang bakal digelar di Kabupaten Biak Numfor, pada 1-7 November 2023. Adapun tiga fokus utama kegiatan ini adalah ekspor perikanan, investasi, dan pengembangan potensi daerah lainnya.” ujarnya lagi.

Sekadar diketahui, sebelumnya, Sail Teluk Cenderawasih 2023 telah resmi diluncurkan pada (2/2) di Gedung Sarinah Jakarta. Dalam peluncuran tersebut dimeriahkan pameran, tari tarian papua, pertunjukan musik dan penampilan artis Papua.

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023