Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggandeng Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) menyosialisasikan partisipasi kalangan milenial pada Pemilihan Umum 2024 di Jayapura, Rabu.

Pranata Muda Kementerian Informasi dan Komunikasi( Kominfo) Agus Tri Wuyono mengatakan sosialisasi ini menyasar generasi muda atau pemilih pemula karena persentase mereka pada pemilu mendatang yang begitu besar, selain juga milenial merupakan generasi penerus bangsa.

"Sebenarnya kalau bicara pemilih pemula itu bukan hanya anak muda, ada juga orang tua yang juga pemilih pemula karena tidak pernah memilih, tetapi sosialisasi ini sasarannya kepada kaum anak muda," katanya.

Wuyono berharap komunitas Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) terus membantu pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan partisipasi generasi muda pada Pemilu 2024.

Sementara itu, Ketua Umum IJPN Roberthus Yewen mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan literasi politik para milenial yang terdiri atas para pelajar, mahasiswa dan juga anak muda.

"Sehingga ketika menyambut pemilu nanti mereka bisa memosisikan diri sebagai seorang anak muda cerdas dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai, aman dan sukses," katanya.

Menurut Yewen, pemuda merupakan pemegang tongkat estafet bangsa yang artinya generasi muda ikut mendukung, mendorong dan juga berpartisipasi aktif membantu penyelenggara pemilu dalam mewujudkan pemilu yang damai, bersih dan jujur.

"Dengan demikian, pemimpin yang dihasilkan benar-benar dari rakyat, oleh rakyat dan melayani rakyat," ujarnya.

Dia mengatakan sosialisasi dengan sasaran pelajar dan mahasiswa ini karena pada era kemajuan teknologi saat ini mahasiswa atau pelajar rentan terhadap informasi yang tidak benar atau hoaks.

"Untuk itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran mahasiswa, pemuda dan pelajar agar ke depan bisa turut menyukseskan Pemilu 2024," katanya lagi.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023