Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie menyebut kegiatan Safari Ramadhan yang rutin digelar pemkab setempat setiap tahun merupakan momentum yang sangat baik untuk bersilaturahim dengan umat Muslim sekaligus menjadi ajang untuk menyerap aspirasi warga.

Bupati Freddy di Kaimana, Sabtu, mengatakan beberapa hari lalu dirinya bersama Wakil Bupati Hasbulla Furuada, Komandan Batalyon Infantri 764/Lamba Baua Letkol Inf Ucok Namara dan Kepala Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Kaimana Jamiah Qomaria melakukan Safari Ramadhan di Distrik Buruway.

Kegiatan Safari Ramadhan yang digelar tahun ini merupakan yang ketiga selama masa pemerintahan Freddy Thie-Hasbulla Furuada sejak dilantik pada April 2021.

Terdapat lima kampung yang didatangi rombongan Bupati Kaimana di Distrik Buruway, yakni Kampung Nusaulan, Kampung Karawawi, Kampung Adijaya, Kampung Kambala, dan berakhir di Kampung Edor.

Kesempatan itu dimanfaatkan Pemkab Kaimana untuk menginformasikan berbagai program kerja yang sudah dilakukan dalam rangka mempercepat pembangunan Kabupaten Kaimana sekaligus mendorong peningkatan derajat kesejahteraan warga setempat.

"Kami melakukan sosialisasi berbagai program dan janji Pemda yang sudah dan telah kami tunaikan. Ini juga menjadi momentum yang sangat baik untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung," kata orang nomor satu di Pemkab Kaimana itu.

Berbagai program kerja Pemkab Kaimana yang disampaikan kepada masyarakat, di antaranya pemenuhan hak dasar masyarakat melalui program penganggaran Rp4 miliar per kampung, penyediaan air bersih, penyediaan jaringan telepon dan program Papua Terang (kelistrikan), serta masalah pelayanan pendidikan, kesehatan dan kependudukan

Menariknya, kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Kaimana juga melibatkan tenaga kesehatan yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat di kampung-kampung yang didatangi.

Pemkab Kaimana, kata Freddy, terus mengunjungi warga di kampung-kampung yang jauh dari ibu kota kabupaten agar bisa melihat langsung kebutuhan riil masyarakat setempat. Kunjungan itu rutin dilakukan, baik saat Safari Ramadhan maupun saat Safari Natal beberapa waktu lalu.

"Seperti halnya saat Safari Natal beberapa waktu lalu, momentum Safari Ramadhan kali ini juga membawa dokter spesialis anak, Wayan dan dokter spesialis bedah, Dewa untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis di setiap kampung yang kami datangi," ujar Freddy.

Kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Kaimana rencananya berlanjut ke beberapa distrik lainnya yang menjadi kawasan pemukiman umat Muslim.

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023