Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat  Daya,  akan menggandeng salah satu bank untuk menyediakan dana pinjaman tanpa bunga bagi setiap pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah itu.
 
Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso di Sorong, Jumat, menjelaskan pemerintah senantiasa mendukung peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang dijalankan oleh setiap pelaku UMKM di Kabupaten Sorong.
 
"Kami mendukung UMKM ini berkembang, karena UMKM bagian strategis dalam menumbuhkembangkan perekonomian di Kabupaten Sorong," jelasnya.
 
Ia menyebutkan, bentuk dukungan terhadap UMKM ini adalah pemerintah akan membangun kerja sama dengan salah satu bank untuk menyediakan dana pinjaman tanpa bunga kepada setiap pelaku UMKM.
 
"Jadi pinjaman ini tanpa bunga, setiap pelaku UMKM diberikan modal tanpa bunga tetapi bunga pinjaman itu ditanggung pemerintah," sebutnya.
 
Menurutnya, UMKM sebagai pilar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sorong dan sekaligus sebagai mitra strategis pemerintah, sehingga oleh pemerintah ikut memberikan intervensi melalui kebijakan program dan pembiayaan.
 
"Jadi nanti kami siapkan modal dan simpan di bank kemudian mereka melakukan pinjaman tanpa bunga, karena bunga pinjaman itu ditanggung pemerintah," jelasnya.
 
Disebutkan, besaran pinjaman untuk setiap pelaku UMKM berbeda, tergantung dari volume produksi dan jenis usaha yang dikembangkan.
 
"Langkah yang kami lakukan tahun ini dan tahun depan adalah melakukan kerja sama dengan pihak bank terkait kredit murah bagi setiap pelaku UMKM," sebutnya.
 
Selain menyiapkan modal usaha, pemerintah juga siap memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM yakni pelatihan manajemen bisnis usaha UMKM.
 
"Kami akan undang ahli untuk memberikan pelatihan bagaimana mengelola bisnis usaha UMKM," pungkasnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023