Sebanyak empat rumah warga di Jalan Danau Tigi, Kelurahan Rufei, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya tampak rata dengan tanah setelah habis terbakar tepat pada 13.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), Kamis (16/3) 2023.

Salah satu korban kebakaran, Hasma Kaimudin mengisahkan bahwa awal kebakaran berasal dari arah rumah sebelahnya.

"Lalu saya mendengar orang berteriak di luar rumah kemudian saya keluar dan melihat ternyata ada asap mengepul dari rumah sebelah," katanya.

Karena bangunan keempat rumah tersebut sambung menyambung dan diduga kobaran api akan merembes ke rumahnya, ia pun segera kembali ke dalam rumah dan menyelamatkan barang berharga lainnya.

"Begitu saya melihat rumah sebelah terus terbakar kemudian saya masuk dan selamatkan barang berharga lainnya," katanya.

Ia mengaku, dalam kondisi tak terduga ia pun tidak bisa berbuat banyak. Hanya sikap pasrah menerima musibah tersebut.

"Saya berusaha untuk siram menggunakan gayung tapi tidak bisa," kata Hasma Kaimudin .

Berdasarkan keterangan yang telah berhasil dihimpun, diduga api tersebut berasal dari salah satu rumah warga yang sudah lama tidak ditempati, kemudian dialihfungsikan sebagai tempat penyimpanan bahan bakar minyak.

Sesaat kemudian, petugas pemadam kebakaran dan sejumlah tanki air yang lain berjejer di area tersebut melakukan penyiraman keempat rumah tersebut. Namun bangunan yang sebelumnya berdiri kokoh, tampak seketika rata dengan tanah.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023