Pemerintah Kabupaten Raja Ampat mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari BPJS Kesehatan atas upaya dan dukungan Pemerintah Raja Ampat dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS).
 
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati di Sorong, Rabu mengatakan capaian UHC dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan di Kabupaten Raja Ampat.
 
"Pemerintah Raja Ampat telah berkomitmen untuk mendukung program nasional itu dan telah merealisasikan dalam bentuk memberikan kepastian kesehatan kepada masyarakat kita," jelas Abdul Faris Umlati.
 
Disebutkan, presentasi cakupan 113,21 persen per 01 Maret 2023 dari total penduduk Raja Ampat. Jumlah presentasi terbesar adalah segmen PBI JK 47,20 persen.
 
"Sedangkan segmen PBPU dan BP yang dibayarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat sebanyak 29,46 persen," sebut Bupati Raja Ampat.
 
Dijelaskan, dari jumlah peserta yang sudah memenuhi angka UHC 95%, maka perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas mutu layanan dan validitas data peserta.
 
"Upaya peningkatan mutu layanan peserta melalui digitalisasi layanan dan tentu saja dibarengi dengan program-program yang berorientasi pada peningkatan kualitas data peserta," terangnya.
 
Berkaitan dengan itu ia berkomitmen bahwa ke depan pihaknya akan memprioritaskan program-program yang sifatnya kolaborasi dengan stakeholder terkait.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023