Bupati Kaimana, Papua Barat, Freddy Thie menargetkan hingga 2024 nanti semua kampung (desa) di wilayahnya sudah bisa menikmati penerangan listrik.

Saat menyambangi PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sorong, Kamis, Bupati Freddy menyampaikan aspirasi masyarakat Kaimana yang menghendaki seluruh kampung segera menikmati penerangan listrik.

Kesempatan itu juga digunakan oleh Bupati Freddy untuk menyampaikan dukungan penuh Pemkab Kaimana bagi PLN UP3 Sorong dalam rangka menyukseskan program Papua Terang.

"Tadi siang saya menyambangi kantor PT PLN (Persero) UP3 Sorong untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, juga membahas perihal progres program Papua Terang di Kabupaten Kaimana," ujarnya.

Freddy yang berlatar belakang seorang pengusaha itu menyatakan komitmen Pemkab Kaimana di masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Hasbulla Furuada untuk terus merealisasikan hak-hak masyarakat, termasuk dalam hal menikmati penerangan listrik.

"Sebagai kepala daerah, saya punya komitmren kuat untuk memberikan hak-hak masyarakat Kaimana. Untuk itu, dalam pertemuan dengan PLN UP3 Sorong saya berharap hingga 2024 mendatang semua kampung yang ada di Kabupaten Kaimana dapat dialiri listrik," ungkapnya.

Dari total 84 kampung yang ada di Kabupaten Kaimana, 36 diantaranya telah masuk dalam daftar program Papua Terang. Sedangkan 14 kampung lainnya sedang dalam proses penyelesaian pembangunan jaringan instalasi listrik.

"Terkhusus untuk jaringan listrik dari kampung Marsi, saya minta agar ke depan juga mencakup sampai ke Kampung Sisir. Sedangkan untuk jaringan yang ada saat ini di Kampung Tanggaromi, saya minta untuk dapat diupayakan penyediaan trafo agar para petani di sepanjang jalan Kilo nantinya juga dapat memanfaatkan aliran listrik," pinta Bupati Freddy.

Pemkab Kaimana juga meminta agar beberapa kampung yang belum masuk dalam layanan program Papua Terang nantinya juga mendapat diperhatikan melalui kerja sama dengan PT PLN (Persero) UP3 Sorong.

"Atas nama pemerintah dan mewakili masyarakat, saya menyampaikan terima kasih kepada PT PLN (Persero) UP3 Sorong yang telah memberikan perhatian kepada Kabupaten Kaimana melalui program Papua Terang," tuturnya.

Saat menyambangi PT PLN UP3 Sorong, Bupati Freddy Thie disambut Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Shofwan Juniardi, Asisten Manajer Perencanaan Stephen Maurice Manga Lapu, Asisten Manajer Jaringan dan Konstruksi Arvy Tryudha Le Cerff dan Team Leader Pelaksana Pengadaan PT PLN UP3 Sorong Wario Gokmayado.

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023