Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pembangunan Kantor Perwakilan BI di Provinsi Papua Barat akan segera dimulai tahun ini dan ditargetkan rampung pada 2024.
 
"Gedung BI Papua Barat kita akan mulai bangun dan insya Allah selesai tahun 2024," kata Perry Warjiyo saat mengukuhkan Rommy Sariu Tamawiwy sebagai Kepala Perwakilan BI Papua Barat menggantikan pejabat lama Rut W Eka Trisilowati di Manokwari, Papua Barat, Kamis.
 
Ia menuturkan gedung BI Papua Barat mengusung konsep perpaduan antara modern, ekosistem green dan ornamental daerah yang tetap memprioritaskan keselarasan lingkungan sekitar.
 
Konsep arsitektur tersebut merepresentasikan identitas sebagai bank sentral dan seluruh proses perencanaan telah final.
 
"Ini gedung modern Bank Indonesia kelima dengan konsep ekosistem green dan menjadi kebanggaan bersama," ujar Perry.
 
Ia melanjutkan di lokasi yang sama tidak hanya dibangun kantor melainkan kompleks perumahan bagi pegawai Bank Indonesia Papua Barat.
 
Perencanaan tersebut menjadi yang pertama sekaligus percontohan bagi pembangunan kantor perwakilan BI di sejumlah provinsi di Indonesia.
 
"Ini nanti jadi percontohan untuk kita bangun di berbagai daerah," jelas Perry.
 
Dalam kesempatan tersebut, Perry  juga mengemukakan akan meresmikan renovasi Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua yang sudah selesai direnovasi.

Renovasi Kantor BI Papua mengusung konsep secure, smart dan harmonis dengan ekspresi arsitektur representasi dari bank sentral telah rampung dikerjakan. Desain bangunannya mencerminkan Bank Indonesia yang kokoh, monumental, dan berwibawa.
 
"Dalam kesempatan ini juga saya akan meresmikan kantor BI Papua yang sudah selesai direnovasi," ucap Perry.
 
Ia menjelaskan Kantor BI Papua sudah direnovasi sejak beberapa tahun lalu tetapi peresmiannya terhambat lantaran pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.
 
"Makanya baru saya resmikan," tutur Perry.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI mulai pembangunan kantor perwakilan di Papua Barat tahun ini

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023