Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Hendrik Mambor mengatakan kehadiran Universitas Terbuka (UT) di daerahnya menjadi solusi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin kuliah namun tetap bisa bekerja.

Saat menghadiri acara pelantikan Ikatan Keluarga Alumni UT Kelompok Belajar Teluk Wondama di Manggurai, Wasior, Kamis, Mambor mengatakan UT juga bisa menjadi solusi bagi masyarakat umum yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, namun kesulitan biaya.

"Saya berharap para ASN maupun masyarakat yang menjadi mahasiswa UT mampu membuktikan bahwa kualitas jebolan UT tidak kalah dengan lulusan dari perguruan tinggi pada umumnya. Jangan cuma kejar ijazah untuk penyesuaian-penyesuaian tertentu tapi buktikan kualitas dengan melakukan inovasi-inovasi," kata Mambor.

Secara khusus Bupati Mambor mengapresiasi kehadiran UT di daerahnya yang telah berkontribusi dalam pembangunan SDM Teluk Wondama.

Diharapkan mahasiswa UT tidak hanya didominasi kalangan ASN baik PNS dari Pemda maupun personel kepolisian tetapi juga masyarakat biasa.

"Karena saya yakin bahwa dari pengalaman yang ada, alumni UT ini tidak kalah dari universitas yang lain. Karena UT ini diakui secara resmi dan sah di negara ini," ucapnya.
Bupati Teluk Wondama foto bersama dengan jajaran pengurus Ikatan Keluarga Alumni UT Kelompok Belajar Teluk Wondama. (ANTARA/HO-Zack Tonu B)

Direktur Universitas Terbuka Sorong Safriansyah yang hadir mewakili Pimpinan UT wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan Pemda termasuk di Teluk Wondama dalam rangka membangun SDM, terutama di daerah-daerah yang masih minim akses ke perguruan tinggi.

"Pola UT adalah pembelajaran jarak jauh dengan kekuatan utama kita adalah modul. Jadi kerja oke, kuliah oke. Tapi dari sisi kualitas, bisa dipertanggungjawabkan karena kami juga sudah mengikuti akreditasi perguruan tinggi. Bahkan beberapa UT kami sudah akreditasi A,“ terang Safriansyah.

Ketua IKA UT Teluk Wondama yang baru dilantik, Retno Rahayu memaparkan, sejauh ini UT Kelompok Belajar Teluk Wondama telah menghasilkan 68 orang alumni, terdiri atas 63 orang lulusan S-1 dan 5 orang lulusan S-2.

 

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023