Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama Bupati Jayapura Mathius Awoitauw meresmikan pembangunan sentra industri kakao di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa di Sentani, Selasa, mengatakan dengan peresmian industri Kakao di Kampung Hanggai Hamong akan menjadi proyek percontohan kerja sama antara Kodam XVII/Cenderawasih dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama masyarakat di wilayah itu.

"Kerja sama ini akan terus kami lakukan dengan pemerintah daerah setempat karena Kampung Hanggai Hamong merupakan kampung yang unggul dalam pertanian kakao," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap ke depan kerja sama yang telah dibangun antara TNI dan pemerintah daerah setempat serta masyarakat dapat memajukan kesejahteraan warga di wilayah itu.

Proyek kakao di Kampung Hanggai Homong akan digarap di lahan seluas lima hektare dimana lahan tersebut akan menjadi tanggung jawab dari Aster Kasdam XVII/Cenderawasih untuk diselesaikan enam bulan ke depan.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan pihaknya berharap kerja sama tersebut terus berlangsung sehingga ke depan dapat berkembang agar kesejahteraan masyarakat bisa terwujud.

"Ini kerja sama yang sangat baik sehingga kami memberikan apresiasi kepada Kodam XVII/Cenderawasih yang telah berkomitmen untuk percepatan kesejahteraan di Tanah Papua," katanya.

Dia menjelaskan dengan diresmikan pembangunan industri kakao para pemuda dari lembah Grime Nawa bisa bergabung guna mengembangkan usaha ekonomi kreatif.

"Karena dari sini bisa menjual produk-produk dari olahan kakao sehingga diharapkan akan muncul banyak anak muda yang bisa memanfaatkan industri kakao," ujarnya.

Peresmian sentra industri kakao di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong Kabupaten Jayapura, Papua juga dilaksanakan bersamaan dengan panen jagung di wilayah tersebut.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022