Polres Sorong Kota menggelar pelatihan pembuatan konten media sosial dan komunikasi publik bagi sebanyak 18 orang personel yang bertugas sebagai pelaksana pengelolaan informasi dan dokumentasi.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Sanika Satyawada Polres Sorong Kota, Selasa, guna mengasah kemampuan personel yang bertugas sebagai petugas pengelolaan informasi dan dokumentasi pada masing-masing Polsek jajaran.

Kabag SDM AKP Stefani Ivonne Tasane, S.IK mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut guna meningkatkan kualitas pelayanan komunikasi ke publik dalam bentuk komunikasi secara digital melalui platform media sosial.

Dia berharap anggota yang mengikuti pelatihan bisa mendapatkan ilmu baru dan pengetahuan mengenai cara-cara pembuatan konten yang baik dan dapat diterima di tengah-tengah masyarakat sesuai zaman.

Ditambahkan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan dengan metode 60 persen materi dan 40 persen diskusi yang dibawakan oleh Riandi Haji Hukum sebagai editing video kreatif.

Materi yang dibawakan dengan judul komunikasi publik dengan pengertian komunikasi strategis yang digunakan ketika seseorang atau sekelompok orang mengumpulkan dan berbagi informasi kepada sekelompok orang untuk menyampaikan pesan tentang topik tertentu.

"Ini adalah salah satu bentuk komunikasi yang penting, biasanya dilakukan untuk tujuan tertentu. Materi ini sangat penting rekan-rekan, di mana komunikasi ke publik sebagai bentuk pelayanan kita akhir-akhir ini berubah menjadi komunikasi secara digital melalui platform media sosial," ujarnya.

Ditambahkan bahwa kebanyakan organisasi merasa penting untuk mengadakan bagian hubungan masyarakat dalam organisasinya yang menangani khusus masalah promosi, penyiaran pers, dan kajian-kajian khusus.

Dalam pelatihan tersebut diberikan pemahaman pengertian komunikasi publik dan cara-cara etika dalam bermedia sosial, memproduksi konten sosial berupa foto ataupun video yang memenuhi syarat untuk dapat disebarkan.

Target pelatihan diharapkan agar media sosial masing masing Polsek Jajaran dan Satuan Kerja dibawah Polres Sorong Kota dapat aktif mempublikasikan secara dinamis konten foto maupun video pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022