Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, menyerahkan hibah lahan aset kepada empat pihak yakni Pemerintah Provinsi Papua Barat, PLN UIP Maluku Papua, Polres Manokwari serta GKI Pengharapan Klasis Manokwari.
 
Bupati Manokwari Hermus Indou, di Manokwari, Selasa, menyebut Pemkab Manokwari membutuhkan semua pihak dalam akselerasi pembangunan daerah ke depan sehingga hibah tanah kepada empat pihak itu diharapkan akan memaksimalkan pelayanan kepada seluruh masyarakat.
 
"Hibah tanah kami berikan ke Pemprov Papua Barat seluas 10 hektare, PLN UIP Maluku Papua seluas 20 hektare, Polres Manokwari seluas 11,8 hektare dan GKI Pengharapan Klasis Manokwari seluas 3,2 hektare," sebut Hermus.
 
Dia memastikan penyerahan aset tanah itu sudah disepakati bersama DPRD Manokwari guna mendukung pembangunan.
 
Selain itu, Hermus menyebut penyerahan hibah lahan aset Pemkab Manokwari itu sebagai upaya untuk mendatangkan investor ke Kabupaten Manokwari.
 
"Misalnya, hibah kepada PLN UIP Maluku Papua itu kita lakukan karena ada rencana pembangunan PLTMG, sebab kita membutuhkan tenaga listrik yang besar sebagai satu kesiapan infrastruktur kita untuk mendorong investasi bertumbuh lebih besar di Manokwari," tutur dia.
 
Pelaksanaan hibah lahan aset Pemkab Manokwari itu disebutnya sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 27 Tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016, Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2001, Peraturan Daerah Kabupaten Manokwari Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Badan Milik Daerah Kabupaten Manokwari dan juga Peraturan Bupati Manokwari 150 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengelolaan Badan Milik Daerah.
 
Pelaksanaan hibah lahan aset Pemkab Manokwari itu disebut Hermus dilakukan berdasarkan permohonan dari pihak yang menerima baik lembaga sosial, lembaga budaya, lembaga kebudayaan, lembaga kemanusiaan atau pun lembaga pendidikan.
 
"Karena kita membutuhkan para pemangku kepentingan ini maka Pemkab Manokwari harus legawa kalau ada aset untuk diserahkan. Karena tentu apa yang ke empat institusi ini lakukan semua bertujuan hanya satu yakni bagaimana melayani semua masyarakat kita yang ada di Manokwari," jelas Hermus.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022