Para pelaku UMKM di Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat menggelar pasar kuliner nusantara guna meningkatkan ekonomi serta membantu pemerintah daerah dalam upaya pengendalian inflasi.

Pasar kuliner nusantara berbasis wisata inisiatif para pelaku UMKM di Distrik Salawati dipusatkan di Taman Wisata Rainbow, secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Gesang Supratjahjo, Senin.

Gesang Supratjahjo memberikan apresiasi terhadap para pelaku UMKM di Distrik Salawati kabupaten Sorong yang menginisiasi dengan swadaya sendiri untuk menggelar kegiatan pasar kuliner nusantara tersebut.

Menurut dia, kegiatan semacam ini sangat membantu upaya pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi yang masih cukup tinggi di daerah tersebut.

Dia berharap agar kegiatan pasar kuliner seperti ini terus dilakukan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pada pelaku UMKM di kabupaten Sorong.

Selain pasar kuliner, kata dia, masyarakat juga harus menjalankan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan dengan menanam tanaman pangan di setiap pekarangan rumah.

"Gerakan menanam tanaman pangan tersebut merupakan upaya pengendalian inflasi serta untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat di kabupaten Sorong," ujarnya.

Kepala Distrik Salawati, Ngatijo memberikan apresiasi terhadap para pelaku UMKM setempat yang telah menginisiasi kegiatan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi serta membantu pemerintah dalam mengatasi inflasi.

"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan selama sepekan lalu berakhir, tetapi ke depan terus dilakukan agar UMKM terus maju dan sejahtera," kata Ngatijo.

Ketua Panitia Pasar Kuliner Nusantara Salawati yang juga pengelola Taman Wisata Rainbow Majener, Minarno menyatakan bahwa kegiatan itu merupakan inisiatif dari para UMKM sebagai suatu gerakan bangkit untuk peningkatan perekonomian.

Minarno menjelaskan bahwa Taman Wisata Rainbow Majener dibangun dengan swadaya. Kemudian berkolaborasi dengan UMKM di Distrik Salawati untuk menjual hasil kuliner agar bangkit dan maju bersama-sama.

"Tujuan dari kegiatan ini hanya satu, yakni kemajuan UMKM di kabupaten Sorong baik dari sisi kuantitas maupun kualitas," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022