Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari, Papua Barat menambah dua gedung layanan, yakni unit transfusi darah dan bedah sentral, untuk melengkapi layanan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.

Direktur BLUD RSUD Manokwari dr Alwan Rimosan di Manokwari, Kamis, mengatakan RSUD itu terus berupaya melengkapi layanan kesehatan sebagai rumah sakit rujukan di daerah.

"Sebelumnya unit transfusi darah hanya berupa ruangan, dengan kehadiran gedung baru ini, baik penyimpanan darah dan kebutuhan transfusi lebih lengkap," kata dia.

Selain itu, katanya, sebelumnya bedah sentral masih menjadi satu gedung dengan bedah umum, sedangkan saat ini telah memiliki gedung sendiri di lingkungan RSUD Manokwari.

RSUD Manokwari telah dilengkapi dengan beberapa gedung lain, seperti gedung rawat anak, gedung dan ruangan bersalin, gedung rawat inap dewasa, dan gedung utama.

Gedung UTD RSUD Manokwari dan gedung bedah sentral tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo.

"Dengan adanya fasilitas yang cukup dimiliki oleh rumah sakit dan inilah salah satu bentuk penunjang pelayanan yang maksimal yang diberikan oleh pemerintah melalui rumah sakit," ujar Budoyo.

Meskipun dari segi tenaga medis dan dokter spesialis sudah mulai lengkap, kata dia, perlu ditunjang dengan peralatan yang lengkap juga.

"Kita masih terbatas pada peralatan, jika hanya standar pelayanan minimal masih bisa diatasi namun untuk yang lebih serius membutuhkan tambahan peralatan," kata dia.

Ia berharap, dalam beberapa tahun ke depan RSUD Manokwari bisa menjadi rumah sakit rujukan di wilayah Papua Barat, serta sukses dalam akreditasi.

"Ini merupakan wujud dan keinginan bersama dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, terlebih di dalam pelayanan kesehatan," kata dia.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022