Panglima Komando Daerah Militer (KODAM) XVIII/Kasuari memerintahkan anggotanya agar menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh masyarakat, saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI, di lapangan Makodam Kasuari, Manokwari.

Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema mengatakan, tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat selain sebuah kebanggaan namun juga sebagai tanggung jawab yang harus dijaga.

"Penilaian tersebut mengandung komitmen dan konsekuensi bagi TNI untuk melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi, terima kasih masyarakat Papua Barat," kata Pangdam.

Secara tegas, Pangdam juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Papua Barat, menurutnya meski tingkat kepercayaan yang tinggi namun TNI sebagai manusia memiliki banyak kekurangan.

"Apabila ada sikap atau perilaku prajurit yang kurang simpati ataupun kurang sopan bahkan sudah menyakiti hati masyarakat di Papua Barat saya memohon maaf," ujar dia.
Peringatan HUT TNI ke 77 Tahun di Kodam XVIII Kasuari (ANTARA/Tri Adi Santoso)

Kodam XVIII/Kasuari juga terus melakukan pembenahan kelembagaan dimana anggota dituntut untuk profesional, bukan hanya melihat dari aspek prestasi tetapi juga fokus pada penyelesaian masalah.

Senada dengan tema HUT ke-77 TNI yakni "TNI adalah kita" Pangdam juga menekankan agar dalam setiap tugas harus bisa menyatu dengan masyarakat.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT TNI di Papua Barat berjalan hikmat, Mayjen TNI Gabriel Lema juga membacakan amanat Panglima TNI Andika Perkasa yang memaparkan terkait hasil survei beberapa lembaga yang menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI di atas 90 persen.

Peringatan HUT TNI diisi dengan parade defile prajurit dan alutsista milik Kodam XVIII Kasuari serta penampilan dan atraksi prajurit TNI lainnya.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022