Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie mempromosikan keindahan pariwisata daerahnya kepada Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y Kim dan Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng saat menghadiri undangan jamuan malam bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Jakarta beberapa hari lalu.

Bupati Freddy saat dikonfirmasi ANTARA dari Manokwari, Jumat, mengatakan agenda jamuan malam bersama Menkum HAM Yasonna Laoly bersama sejumlah Dubes tersebut difasilitasi oleh Duta Besar Seychelles Nico Barito bertempat di Seychelles Mission Jakarta, Minggu (25/9).

"Kehadiran saya di sana untuk memenuhi undangan dari sahabat Nico Barito. Pada bulan April beliau datang dan berkunjung ke Kaimana, ini sebagai kunjungan balasan kami," jelas Freddy.

Kesempatan langka bertemu Menkum HAM dan Dubes dari dua negara maju tersebut dimanfaatkan Bupati Freddy untuk mempromosikan keunggulan pariwisata di daerahnya serta berbagai potensi yang dimiliki kabupaten yang terletak di pesisir selatan Papua Barat berhadapan dengan Laut Arafura itu.

"Kami banyak berdiskusi soal Kaimana. Mereka banyak menanyakan potensi apa saja yang dipunyai Kaimana dan upaya-upaya apa yang Pemda lakukan untuk mengangkat pariwisata Kaimana agar semakin terkenal sehingga nantinya akan mendorong semakin banyak wisatawan datang berkunjung ke Kaimana," tutur Freddy.
Bupati Kaimana Freddy Thie menyerahkan plakat penghargaan kepada Dubes Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng. (ANTARA/HO-Tim Media Bupati Kaimana)

Penjelasan Bupati Freddy tentang keindahan alam Kaimana dengan destinasi wisata yang terkenal seperti Teluk Triton yang tidak kalah dengan Raja Ampat, lalu wisata sejarah berupa Lukisan Telapak Tangan sepanjang 1 kilometer yang tergambar di dinding karang atau biasa disebut Tebing Maimai pada ketinggian 10 meter dari permukaan laut membuat Dubes AS dan Dubes Singapura takjub.

Tidak heran, kedua Dubes dari negara sahabat itu menyatakan ingin berkolaborasi dengan Pemkab Kaimana untuk mendorong kegiatan kepariwisataan di daerah itu.

"Para Dubes sangat tertarik untuk berkolaborasi dengan kami di Kaimana dalam hal pengembangan ekonomi masyarakat maupun kegiatan kepariwisataan ke depan. Tentu kami menyambut baik hal ini, " kata Freddy.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022