Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema mengajak para remaja anggota pramuka di wilayah Manokwari, Papua Barat, agar mengisi masa muda mereka dengan kegiatan yang positif serta menghindari pergaulan bebas yang menjurus hal-hal negatif.

"Jadilah remaja yang aktif, kreatif dan energik. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat. Persiapkan diri dengan baik untuk meraih cita-cita dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dan menjadi pemimpin yang hebat di masa yang akan datang," ucap Mayjen Gabriel saat membuka perkemahan Saka Wira Kartika terpusat tingkat Kodam XVIII/Kasuari TA 2022 bertempat di Lapangan Sepak Bola Kodim 1801/Manokwari, Sabtu.

Pangdam Kasuari mengatakan kegiatan perkemahan pramuka yang digelar itu sebagai wadah mempererat hubungan silaturahmi sekaligus memupuk jiwa patriot dan membina kebersamaan agar memiliki rasa solidaritas yang tinggi serta berkarakter yang kuat dalam semangat membela bangsa dan negara.

Kegiatan itu juga diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kepramukaan Indonesia khususnya di Papua Barat.
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema memberikan motivasi kepada para remaja yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVIII/Kasuari yang mengikuti kegiatan perkemahan di Lapangan Sepak Bola Kodim 1801/Manokwari, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/HO-Pendam XVIII/Kasuari)

Pangdam menyebut pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap pentingnya gerakan Pramuka di kalangan kaum muda lantaran pramuka merupakan wadah untuk membentuk kepribadian generasi muda yang cerdas, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotisme, memiliki kemampuan yang handal, cinta lingkungan serta memiliki disiplin yang tinggi dan taat hukum.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna tetap terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa demi tegaknya NKRI," kata Mayjen Gabriel, kelahiran Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Selama kegiatan perkemahan, para anggota Pramuka Saka Wira Kartika akan mendapatkan pembekalan pengetahuan bela negara, wawasan kebangsaan, keterampilan navigasi darat, mounteneering, survival, serta kegiatan lainnya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas baik secara perorangan maupun kelompok.

Karena itu, Pangdam menitip pesan agar para peserta perkemahan mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, ikhlas, sungguh-sungguh, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab dan tetap perhatikan faktor keamanan dalam melaksanakan kegiatan.
Saka Wira Kartika merupakan Satuan Karya (Saka) Pramuka Nasional yang dibentuk lewat kerja sama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Pewarta: Evarianus Supar

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022