Wakil Bupati Kaimana, Papua Barat, Hasbulla Furuada menginstruksikan seluruh instansi di lingkungan Pemkab setempat dan aparat keamanan serta instansi vertikal lainnya mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
 
"Seluruh personel, sarana dan prasarana harus dikerahkan untuk berperan aktif dalam penanggulangan bencana alam serta terus memantau setiap perkembangan situasi di wilayah yang rawan terjadi bencana alam," ujar Hasbula dalam apel tanggap bencana di Kaimana, Rabu.
 
Ia mengingatkan koordinasi lintas sektor harus terjalin agar informasi dini bencana alam dapat diketahui dengan cepat sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat.
 
Kata dia, pemetaan dan pemantauan setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah yang rawan terjadinya bencana alam perlu dilakukan.

Hasbulla juga meminta adanya persiapan keperluan administratif dalam penanggulangan bencana.
“Siapkan seluruh sarana dan prasarana serta bentuk satuan tugas inti dan cadangan yang dapat digerakkan dengan cepat ke lokasi bencana. Kita berharap apa yang dilakukan dapat memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," ungkap Hasbulla.
 
Sebelumnya ketika mengunjungi Kaimana beberapa waktu lalu, Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengajak seluruh masyarakat Kaimana waspada terhadap kondisi cuaca yang kurang bersahabat belakangan ini.
 
Paulus meminta Pemerintah Kabupaten Kaimana dan aparat keamanan dan instansi vertikal di Kaimana melakukan antisipasi dengan mencegah masyarakat melakukan aktivitas di lokasi rawan bencana alam.
 
Apel yang melibatkan personil TNI-Polri, Satpol PP, PMI, Pramuka dan Pelajar ini turut dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Kaimana Dinar Pakpahan SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana Anton Markus Londa, SH MH, Asisten II Setda Kaimana Deddy Ombaer, Kepala BPBD Kaimana Subandi serta jajaran pejabat Polres Kaimana.

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022